PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD 4D BERBASIS GAYA BELAJAR UNTUK MENGENALKAN MATEMATIKA PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

IDZNI AZHIMA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD 4D BERBASIS GAYA BELAJAR UNTUK MENGENALKAN MATEMATIKA PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD 4D BERBASIS GAYA BELAJAR VISUAL UNTUK MENGENALKAN MATEMATIKA PERMULAAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN Idzni Azhima Pendidikan Anak Usia Dini ABSTRAK Media diharapkan dapat membantu proses pembelajaran melalui visualisasi konsep yang abstrak dan meningkatkan pemahaman anak, khususnya kemampuan mengenal matematika permulaan. Salah satu media yang mendukung yaitu media flashcard 4D karena media tersebut menampilkan gambar yang nyata, dan suara pendukung mengenai materi. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media flashcard 4D berbasis gaya belajar visual untuk mengenalkan matematika permulaan pada anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development dengan model ADDIE. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, wawancara, dan observasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan rumus persentase rerata skor dan rumus absolute. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan yaitu media flashcard 4D berbasis gaya belajar visual terbukti sangat layak untuk mengenalkan matematika permulaan pada anak usia 4-5 tahun. Hal tersebut berdasarkan penilaian dari tiga pakar, yaitu pakar PAUD yang memberikan skor sebesar 91,1% (sangat layak), pakar Matematika sebesar 100% (sangat layak), dan pakar Media sebesar 88,8% (sangat layak). Dengan demikian, disarankan kepada pendidik atau guru untuk menggunakan media flashcard 4D berbasis gaya belajar visual atau media lain yang menggunakan teknologi dalam mengenalkan matematika permulaan pada anak usia 4-5 tahun. Kata Kunci: Media Flashcard, Gaya Belajar Visual, Matematika Permulaan DEVELOPMENT OF 4D FLASHCARD MEDIA BASED ON VISUAL LEARNING STYLE TO INTRODUCE EARLY MATHEMATICS IN 4-5 YEARS OLD CHILDREN ABSTRACT The media is expected to help the learning process through visualizing abstract concepts and improve children's understanding, especially the ability to recognize early mathematics. One of the media that supports is 4D flashcard media because the media displays real images, and supporting voices regarding the material. Therefore, a study was conducted that aims to develop 4D flashcard media based on visual learning styles to introduce early mathematics to children aged 4-5 years. This study uses the Research & Development method with the ADDIE model. The data in this study were obtained through questionnaires, interviews, and observations. Data analysis in this study was carried out using the average score percentage formula and the absolute formula. The results of this study indicate that the product developed, namely 4D flashcard media based on visual learning styles, is proven to be very feasible to introduce early mathematics to children aged 4-5 years. This is based on the assessments of three experts, namely PAUD experts who gave a score of 91.1% (very decent), Mathematics experts at 100% (very decent), and Media experts at 88.8% (very decent). Thus, it is recommended for educators or teachers to use 4D flashcard media based on visual learning styles or other media that use technology in introducing early mathematics to children aged 4-5 years. Keyword: Flashcard Media, Visual Learning Style, Early Mathematics

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd 2) Dr. Agung Purwanto, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12773 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2021 01:14
Last Modified: 24 Sep 2021 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20754

Actions (login required)

View Item View Item