RIFKY AJI KURNIAWAN, . (2021) MODEL PERMAINAN PUZZLE UNTUK ANAK USIA 5 - 6 TAHUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I .pdf Download (901kB) |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (268kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model permainan puzzle untuk menghasilkan produk baru yang di gunakan untuk meningkatkan motorik pada anak usia 5-6 tahun. Pengambilan data di lakukan pada bulan Mei – Juni 2021 yang bertempat di Masjid Nurul Haq Perum. Vila Indah Permai RT 009 RW 033, Teluk Pucung, Bekasi Utara. Metode penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) dengan mnggunakan model ADDIE, yaitu dengan mengembangkan model permainan puzzle dengan 5 tahapan, yaitu 1.) Analisis (Analyze), 2.) Desain (Design), 3.) Pengembangan (Development), 4.) Pelaksanaan (Implement), 5.) Evaluasi ( Evaluate). Populasi yang di gunakan dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 12 anak sebagai subjek Uji coba (Praktek Lapangan). Uji validasi yang di gunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan uji justifikasi ahli, dimana model yang telah dibuat di ujicobakan, kemudian dikonsultasi dan di nilai kelayakan nya oleh para ahli sesuai dengan variable yang terkait. Uji coba yang di lakukan dengan memberikan 12 model permainan puzzle yang telah dibuat peneliti untuk dianalisa dengan pengisian angket justifikasi oleh dosen ahli (expert Judgment). Setelah di validasi oleh dosen ahli maka di dapatkan 12 model permainan puzzle yang di anggap layak dan kemudian di lakukan uji coba. Model permainan puzzle ini nantinya dapat dijadikan referensi oleh para Pembina dan pengajar anak-anak untuk mengembangkan gerak motorik anak.kesimpulan akhir yang di peroleh melalui penelitian adalah 12 model permainan puzzle untuk anak usia 5-6 tahun yang peneliti buat layak dan dapat di lakukan serta di gunakan. Kata Kunci: Model Permainan Puzzle, Anak Usia 5 – 6 tahun This study aims to develop a puzzle game model to produce new products that are used to improve motor skills in children aged 5-6 years. Data collection was carried out in May - June 2021 at the Nurul Haq Mosque in Perum. Villa Indah Permai RT 009 RW 033, Teluk Pucung, North Bekasi. The research method used in this study is Research & Development (R&D) using the ADDIE model, namely by developing a puzzle game model with 5 stages, namely 1.) Analysis (Analyze), 2.) Design (Design), 3.) Development (Development), 4.) Implementation (Implement), 5.) Evaluation (Evaluate). The population used in this study were children aged 5-6 years, totaling 12 children as trial subjects (Field Practice). The validation test used in this study is to use an expert justification test, where the model that has been made is tested, then consulted and assessed for its feasibility by experts according to the related variables. The trial was carried out by giving 12 puzzle game models that had been made by researchers to be analyzed by filling out justification questionnaires by expert lecturers (expert Judgment). After being validated by expert lecturers, 12 puzzle game models were found that were considered feasible and then tested. This puzzle game model can later be used as a reference by coaches and children's teachers to develop children's motor movements. The final conclusions obtained through the research are 12 puzzle game models for children aged 5-6 years which researchers make feasible and can be done and used Keywords: Puzzle Game Model, Children 5 – 6 years old
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Hernawan, SE., M.Pd. ; 2). Dr. Nofi Marlina Siregar, M.Pd. |
Subjects: | Geografi, Antropologi > Olah Raga dan Rekreasi |
Divisions: | FIO > Olahraga Rekreasi |
Depositing User: | Users 12954 not found. |
Date Deposited: | 26 Sep 2021 22:40 |
Last Modified: | 26 Sep 2021 22:40 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20887 |
Actions (login required)
View Item |