PALDY, . (2021) IMPLEMENTASI PROGRAM LESSON STUDY PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS (EVALUASI DI UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (547kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (294kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan program lesson study pada tingkat perguruan tinggi. Program tersebut diterapkan sebagai wadah pengkajian pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan profesionalisme dosen. Program lesson study ditetapkan sebagai penciri dan menjadi unggulan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan dan sejalan dengan visi dan misi fakultas dan program studi. Selama proses pelaksanaan program, ditemukan kelemahan dan kekurangan yang terjadi sehingga penerapan program LS teresbut perlu dievaluasi. Analisis yang dilakukan pada penerapan lesson study secara menyeluruh, mulai dari aspek konteks, input, proses, dan output dengan melakukan wawancara kepada Dekan FKIP dan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, memberikan angket terbuka kepada 16 dosen dan 45 mahasiswa, dan mengidentifikasi video recording proses pembelajaran. Analisis menyeluruh pada 4 aspek tersebut mengacu pada kriteria keberhasilan program yang merupakan pedoman dan dasar penetapan keputusan hasil evaluasi pelaksanaan LS di perguruan tinggi. Hasil evaluasi digunakan sebagai bahan revisi untuk meningkatkan kualitas lesson study yang diterapkan, khususnya pada perbaikan kualitas pembelajaran dan profesionalisme dosen. Hasil revisi tersebut menjadi input untuk pengembangan pembelajaran bahasa di program studi Pendidikan Bahasa Inggris terkait dengan pengkajian pembelajaran melalui program LS. Berdasarkan kriteria keberhasilan program lesson study, hasil evaluasi menunjukkan bahwa penerapan lesson study belum pada tahap maksimal, ditemukan beberapa kelemahan terkait pada aspek proses dan output, seperti kurangnya konsistensi dan komitmen dosen sebagai observer. Kualitas pembelajaran dinyatakan masih dalam proses peningkatan. Hasil evaluasi dijadikan sebagai pedoman praktis bagi stakeholder universitas dalam rangka mengembangkan pelaksanaan program lesson study untuk memberikan kualitas yang lebih baik kedepannya. Kata kunci: Program Lesson Study; Evaluasi CIPP, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris; Pengembangan Profesionalisme, Kualitas Pembelajaran. Abstract This study aims to evaluate the implementation of the lesson study program at university level. The program is applied as a study flatform to improve learning quality and lecturer professionalism. LS program is designated as a main characteristic and priority in the faculty and study program, and it is in line with the vision and mission. During the implementation process, weaknesses and shortcoming were found, therefore the implementation of LS program needed to be evaluated. Evaluative research was used to analyze the implementation of the lesson study as a whole, starting from aspects of context, input, process, and output by conducting interviews with the Dean of Teacher Training and Education Faculty and the Head of the English Education Study Program, by giving an open questionnaire to 16 lecturers and 45 students, and by identifying the video recording learning process. The results of the evaluation can be used to revise and improve the quality of the lesson study, especially the quality of learning and professionalism of lecturers. Based on the criteria for the success of the lesson study, the results of the evaluation show that the implementation of the lesson study has not fully achieved its maximum potential, there are several weaknesses related to the process and output aspects, such as the lack of consistency and commitment of lecturers as observers. The quality of learning has been found to be in the process of improving. The results of this evaluation become a practical guidance to the university stakeholders in order to develop the implementation of the lesson study program to deliver better quality in the future. Keywords: Lesson Study Program, CIPP Evaluation, English Education Program, Professionalism Development, Learning Quality.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd. 2). Prof. Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Linguistik Terapan |
Depositing User: | Users 12849 not found. |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 03:20 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 03:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20916 |
Actions (login required)
View Item |