PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DENGAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE UNTUK PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 4 JAKARTA

NADIA, . (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DENGAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE UNTUK PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB1.pdf.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB) | Request a copy
[img] Text
BAB3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text
BAB4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
BAB5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI-dikonversi.pdf

Download (91kB)

Abstract

Nadia, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DENGAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE UNTUK PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK 4 JAKARTA. Dosen Pembimbing: Nur Hanifah Yuninda, ST.,MT dan Dr. Aris Sunawar, MT. *ABSTRAK* Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian dari para ahli perihal kelayakan dari pengembangan media pembelajaran berdasarkan rumus persentase skor dan menggunakan Articulate Storyline dalam mata pelajaran Gambar Teknik Listrik di SMK 4 Jakarta dengan jumlah sampel 34 orang dan menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap development. Instrumen penelitian menggunakan angket sebagai lembar penilaian yang kemudian diberikan kepada ahli materi pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Dari hasil penilaian tersebut, kemudian angket diolah secara kuantitatif (menggunakan rumus persentase skor) dan kualitatif (data penilaian menggunakan rumus persentase skor kemudian diinterpretasikan menggunakan tabel hasil penilaian kelayakan). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Analysis, Pada tahap analisis ini, dilakukan 2 tahapan meliputi tahap analisis kebutuhan dan analisis kompetensi. 2) Design, Pada tahap desain ini, peneliti membuat kuesioner untuk dibagikan ke siswa. Membuat media pembelajaran berbasis aplikasi Android dengan menambahkan kuis di media pembelajaran yang telah dibuat dan juga ditambahkannya video pembelajaran. 3) Development, Pada tahap ini, peneliti membuat dan membagikan angket penilaian untuk para ahli, ahli media pembelajaran dan ahli materi. Berdasarkan perhitungan persentase kelayakan, diperoleh persentase kelayakan media pembelajaran berdasarkan aspek materi dan aspek kemanfaatan yang diperoleh dari ahli materi sebesar 93,75% dan 80%. Dari hasil angket penilaian yang telah dibagikan dan berdasarkan perhitungan persentase kelayakan, diperoleh persentase kelayakan media pembelajaran berdasarkan aspek materi dan aspek kemanfaatan yang diperoleh dari ahli materi sebesar 83,75% dan 93,75%. Kata Kunci: E-learning, Articulate Storyline, Gambar Teknik Listrik, Penilaian Ahli Materi Pembelajaran dan Ahli Media Pembelajaran, R&D, ADDIE Nadia, MAKING AN INTERACTIVE LEARNING MEDIA BASED ON E-LEARNING WITH ARTICULATE STORYLINE APPLICATION FOR ONLINE LEARNING ON ELECTRICAL ENGINEERING IMAGES GRADE X ELECTRICAL ENGINEERING INSTALLATION AT SMK 4 JAKARTA. Supervisor: Nur Hanifah Yuninda, ST.,MT and Dr. Aris Sunawar, MT *ABSTRACT* This research aims to determine the assessment of the experts regarding the making of learning media based on percentage formula using Articulate Storyline in Electrical Engineering Drawing subjects at SMK 4 Jakarta with a sample of 34 people and using the Research and Development (R&D) research method with the ADDIE development model which this research is limited to stages “development” only. The research instrument used a questionnaire as an assessment sheet which was then given to learning material experts and learning media experts. From the results of the assessment, then the questionnaire was processed qualitatively and quantitatively. The results of this study are: 1) Analysis. In this analysis stages, 2 stages are carried out including the needs analysis stage and competency analysis. 2) Design, At this design stage, the researcher made a questionnaire to be distributed to students, learning media which is added quiz and also added a learning video. 3) Development, At this stage, researchers create and distribute assessment questionnaires to experts, learning media experts and material experts. Based on the calculation of the feasibility percentage, the percentage of the feasibility of learning media based on the material aspect and the usefulness aspect obtained from material experts is 93.75% and 80%. From the results of the assessment questionnaire that has been distributed and based on the calculation of the percentage of feasibility, the percentage of feasibility of learning media based on the material aspect and the usefulness aspect obtained from material experts is 83.75% and 93.75%. Keywords: E-learning, Articulate Storyline, Electrical Engineering Drawings, Assessment of Learning Material Experts and Learning Media Experts, R&D, ADDIE

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Nur Hanifah Yuninda, S.T.,MT 2) Dr.Aris Sunawar,S.T.,MT
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 12978 not found.
Date Deposited: 01 Oct 2021 11:03
Last Modified: 01 Oct 2021 11:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20942

Actions (login required)

View Item View Item