PENDEKATAN REGGIO EMILIA DALAM MENJAWAB TANTANGAN KEMAMPUAN ANAK USIA DINI DI ABAD KE-21 (Studi Literatur)

RINI JULIA SASMITA, . (2021) PENDEKATAN REGGIO EMILIA DALAM MENJAWAB TANTANGAN KEMAMPUAN ANAK USIA DINI DI ABAD KE-21 (Studi Literatur). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada abad ke-21 ini, setiap manusia termasuk anak usia dini menghadapi tantangan globalisasi. Berdasarkan penelitian terdahulu disimpulkan bahwa pembelajaran yang dapat mempersiapkan anak untuk memiliki kemampuan abad ke-21 adalah pendekatan yang berorientasi pada anak. Pendekatan Reggio Emilia adalah salah satu pendekatan yang berorientasi pada anak. Pendekatan ini menggunakan pembelajaran berbasis proyek dan menggunakan material terbuka yang telah teruji dapat mengembangkan kemampuan abad ke-21, namun Pendekatan ini memiliki komponen pembelajaran lain. Maka tujuan penelitian ini adalah ingin melihat apakah seluruh komponen Pendekatan ini mampu menjawab tantangan kemampuan di abad ke-21, dan apakah pendekatan dari kota Italia ini dapat diaplikasikan di dalam konteks pendidikan Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tinjauan pustaka, menganalisa 2 buku sumber data primer tentang Pendekatan Reggio Emilia, 1 buku sumber data primer tentang Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara dan 62 artikel yang terdiri dari sumber data primer dan sekunder tentang Pendekatan Reggio Emilia dan Kemampuan abad ke-21. In 21st century, every people is facing the globalization challenges included young children. In early childhood context, the expected abilities is creativity, collaboration, critical thinking and communication. Based on previous research, that abilities can prepared by child-orientated approach. Reggio Emilia Approach is one of that, and has the slogan “One Hundered Children’s Languages”. Reggio Emilia using project based-learning and open ended material that have developed critical thinking, creativity, communication, interaction, collaboration. However, the Reggio Emilia Approach has another component that may also potential to developed that abilities. The aim of this study is too see all the Reggio Emilia components are able to answer the challenges, and to see the probability to applied this approach into Indonesian context. This study is literature review, with analyzed 2 Reggio Emilia Approach primary books, 1 primary book of education according to Ki Hajar Dewantara and 62 articles consisting of primary and secondary sources about Reggio Emilia Approach and 21st century skills.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Tuti Tarwiyah, M. Si 2). Dr. Tjipto Sumadi, M. Pd, M. Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 12723 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2021 13:51
Last Modified: 30 Sep 2021 13:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/20981

Actions (login required)

View Item View Item