FETISISME MEREK PADA KONSUMEN REMAJA

ASILAH, . (2016) FETISISME MEREK PADA KONSUMEN REMAJA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fetisisme Merek Pada Konsumen Remaja.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh dan menganalisis data tentang fetisisme merek padakonsumen remaja di kota-kota besar khususnya di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Grand Indonesia Shopping Town—Jakarta.Yang dilaksanakan pada bulan Juli sampai dengan bulan Agustus tahun 2015.Responden dalam penelitian ini yaitu remaja yang mengunjungi Grand Indonesia Shopping Town yang berusia 15 sampai dengan 22 tahun.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif, data yang diperoleh dengan survey menggunakan angket. Angket yang disebarkan kepada responden telah diuji validitas oleh 2 dosen ahli dan menggunakan perhitungan dengan program SPSS. Serta telah diuji reliabilitas dengan menggunakan Alpha Cronbach, yang perhitungannya menggunakan bantuan program SPSS.Hasil uji indeks reabilitas sebesar 0,870 dapat disimpulkan bahwa reabilitas tinggi. Setelah melalui proses penelitian, maka diperoleh hasil yang menyatakan bahwa fetisisme merek pada konsumen remaja didasari oleh pemilihan merek produk fashion,yang oleh remaja dianggap memiliki nilai image yang dapat mengkomunikasikan siapa pemakainya. Merek suatu produk fashion yang dipakai atau dimiliki remaja dapat menunjukkan status sosial mereka, sekaligus dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri, prestise dan gengsi pemakaianya, hal ini ditandai dengan tingginya persentase yang menyatakan hal tersebut, yaitu sebesar 83%. Nilai image merek suatu produk,menjadi alasan utamaaktivitas konsumsi remaja dalam pemilihan merek produk fashion. Hasil penelitian ini diharapkan agar remaja menyadari bahwasannya nilai image suatu produk fashion yang ditentukan oleh nilai simbol yang melekat pada produk merupakan manipulasiyang sengaja dikonstruk perusahaan untuk menumbuhkan kesadaran palsu konsumen agar terus mengkonsumi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Cholilawati, S.pd, M.Pd ; 2). Dra. Suryawati, M,Si
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 01 Oct 2021 08:01
Last Modified: 01 Oct 2021 08:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21022

Actions (login required)

View Item View Item