PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL

AHMAD YANI RANIUS, . (2021) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN BERBASIS LABORATORIUM VIRTUAL. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Praktikum Algoritma dan Pemrograman Berbasis Virtual ini untuk meningkatkan proses belajar dengan membuat model pengembangan pembelajaran praktikum komputer matakuliah Algoritma dan Pemrograman Pascal dapat dilakukan secara virtual yang tidak mengandalkan proses kuliah praktikum secara konvensional. Metode yang digunakan dengan diuji cobakan kepada siswa yang dipilih, melalui uji persyaratan analisis data, serta data pre-test dan post-test berdistribusi normal dan homogen, kemudian menghitung hasil nilai pre-test dan post-test menggunakan analisis data statistik uji-t sampel berpasangan (paired t-test). Penelitian ini menyimpulkan bahwa; (1) Model ini memberikan lebih banyak waktu kepada mahasiswa untuk belajar selain dari waktu perkuliahan di laboratorium karena mahasiswa dapat belajar diluar jadwal perkuliahan dan dapat dilakukan tanpa batas waktu dan tempat (2) setelah dilakukan uji efektivitas model dengan melakukan perbandingan tes diawal dan diakhir proses pembelajaran yang hasilnya menunjukan adanya peningkatan pencapaian hasil belajar; (3) Model pembelajaran berbasis virtual ini akan mempermudah dosen dalam melakukan pembelajaran; (4) Model ini memberikan lebih banyak waktu kepada mahasiswa untuk belajar selain dari waktu perkuliahan; Keyword : Algoritma, Pengembangan, Praktikum, Program, Virtual The purpose of developing a virtual laboratory-based instructional design model of algorithm and programming practicum is to improve the teaching and learning process by designing a virtual instructional design model for Algorithm and Pascal Programming courses which does not rely on conventional lecture processes. The researcher tested selected students, through data analysis requirements test, as well as normally distributed and homogeneous pre-test and post-test data then calculated the results of the pre-test and post-test values using statistical data analysis of paired sample t-test (paired t -test). This research concludes that; (1) This model provides more time for students to study apart from lecture time in the laboratory because students can study outside the lecture schedule and can be done regardless time and place (2)There was an increase in the achievement of learning outcomes after testing the effectiveness of the model by comparing tests at the beginning and at the end of the teaching and learning processes; (3) This model provides more time for students to study apart from lecture time; Keyword : Algorithm, Development, Practicum, Program, Virtual

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd 2). Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 11510 not found.
Date Deposited: 05 Oct 2021 12:21
Last Modified: 10 Nov 2022 08:41
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21059

Actions (login required)

View Item View Item