PERSEPSI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA DARURAT COVID-19

MEGA ARISTA YULIANTI, . (2021) PERSEPSI MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA DARURAT COVID-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran daring selama masa darurat COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa Teknologi Pendidikan terhadap pelaksanaan pembelajaran daring selama masa darurat COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket yang terdiri dari 44 pernyataan meliputi persiapan pembelajaran daring, strategi penyajian pembelajaran daring, interaksi dalam pembelajaran daring dan penilaian dalam pembelajaran daring. Populasi pada penelitian ini sebanyak 240 mahasiswa Teknologi Pendidikan angkatan 2018-2020 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, yang diambil sebanyak 10% dari jumlah populasi sehingga didapatkan subjek penelitian sebanyak 71 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil keseluruhan persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring adalah 2,62 yang berada pada kategori baik. Lalu aspek yang paling mempengaruhi persepsi mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring adalah faktor persiapan pembelajaran daring dengan perolehan hasil 2,89 dan aspek penilaian pembelajaran daring dengan perolehan nilai 2,73 dimana keduanya berada pada kategori yang baik. Sedangkan aspek lainnya yaitu strategi penyajian pembelajaran daring memperoleh hasil 2,37 dan interaksi dalam pembelajaran daring memperoleh hasil 2,48 dimana keduanya berada pada kategori yang kurang baik. Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai masukan untuk dosen, instansi dan mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta dalam melaksanakan pembelajaran daring selama masa darurat COVID-19. ********** This research was motivated by the implementation of online learning during the COVID-19 emergency. This study aims to determine the perception of Education Technology students towards the implementation of online learning during the COVID-19 emergency. This research is a quantitative descriptive study with data collection techniques using a questionnaire consisting of 44 statements covering online learning preparation, online learning presentation strategies, interaction in online learning and assessment in online learning. The population in this study was 240 Educational Technology students class 2018-2020 with a sampling technique using simple random sampling, which was taken as much as 10% of the total population so that the research subjects were 71 students. Analysis of the data used is descriptive quantitative analysis. The results of the analysis of the data obtained indicate that the overall result of students' perceptions of the implementation of online learning is 2.62 which is in the good category. Then the aspect that most influences students' perceptions of the implementation of online learning is the online learning preparation factor with a result of 2.89 and the aspect of online learning assessment with a score of 2.73 where both are in a good category. While other aspects, namely the online learning presentation strategy, obtained 2.37 results and interactions in online learning obtained 2.48 results, both of which were in the poor category. The implication of this research is as input for lecturers, institutions and students of Education Technology, State University of Jakarta in carrying out online learning during the COVID-19 emergency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Suprayekti, M.Pd. ; 2). Diana Ariani, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 12139 not found.
Date Deposited: 06 Oct 2021 10:15
Last Modified: 06 Oct 2021 10:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21071

Actions (login required)

View Item View Item