PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKSTIL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMKN 3 KOTA TANGERANG

CHRISTIANA SUKMAWATI, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKSTIL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS X TATA BUSANA DI SMKN 3 KOTA TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi CHRISTIANA SUKMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya permasalahan yang muncul pada saat proses pembelajaran mata pelajaran tekstil. Permasalahan tersebut antara lain rendahnya hasil belajar siswa, di mana salah satu penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat dari guru yang bersangkutan. Skripsi ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mempunyai tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran tekstil dengan model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas X Tata Busana di SMKN 3 Kota Tangerang. Jenis penelitian dalam skripsi ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan alur dua siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari kegiatan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Tata Busana di SMKN 3 Kota Tangerang. Pada siklus I, siswa yang berhasil mencapai ketuntasan sebanyak 18 siswa dengan rata-rata kelas 79,46 dan persentase ketuntasan kelas sebesar 64,29%. Selanjutnya pada tindakan siklus II mengalami peningkatan persentase ketuntasan sebesar 17,85%, yaitu pada siklus I 64,29% menjadi 82,14% pada siklus II dengan 23 siswa yang tuntas dan rata-rata kelas sebesar 85,89.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Dewi Suliyanthini, S.Teks., M.M. ; 2). Esty Nurbaity Arrsyi, S.Pd., M.Km.
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:35
Last Modified: 19 Oct 2021 04:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21231

Actions (login required)

View Item View Item