PENGEMBANGAN WEB PEMBELAJARAN BERBASIS ONE PAGE DESIGN PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB KELAS X DI SMK DHARMA PARAMITHA

Dinda Nurrahma, . (2016) PENGEMBANGAN WEB PEMBELAJARAN BERBASIS ONE PAGE DESIGN PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB KELAS X DI SMK DHARMA PARAMITHA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-DINDA NURRAHMA-5235125328.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah web pembelajaran pada Mata Pelajaran Pemrograman Web kelas X di SMK Dharma Paramitha. Web pembelajaran ini menerapkan konsep One Page Design yang memanfaatkan web responsif sehingga memungkinkan web pembelajaran dapat dibuka di laptop dan smartphone. Pengembangan produk situs pembelajaran berbasis web dilakukan di Laboratorium Multimedia Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Universitas Negeri Jakarta. Obyek penelitian yaitu siswa dan siswi kelas X di SMK DHARMA PARAMITHA pada bulan Oktober - Desember 2015. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research & Development atau R&D). Secara keseluruhan terdapat 3 tahap utama pada proses penelitian dan pengembangan ini, yakni (1) penelitian awal; (2) pengembangan produk; dan (3) pengujian serta revisi produk. Penelitian awal dilakukan guna mengidentifikasi permasalahan dan mencari solusi praktis dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Proses pengujian produk dilakukan dengan uji ahli media, dan guru mata pelajaran serta siswa kelas X jurusan Multimedia dan TKJ sebagai pengguna. Proses pengumpulan data dilakukan dengan memanfaatkan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil pengujian menunjukkan bahwa produk mendapat nilai 89% untuk tampilan monitor dan 91% untuk tampilan smartphone pada uji validitas, 90% untuk tampilan monitor dan 89% untuk tampilan smartphone pada uji coba oleh guru mata pelajaran, 77% untuk tampilan monitor dan 77% untuk tampilan smartphone pada uji kelayakan kelompok kecil, dan 84% untuk tampilan monitor dan 82% untuk tampilan smartphone pada uji kelayakan kelompok besar. Berdasarkan hasil ini produk situs pembelajaran berbasis web yang telah dikembangkan dapat dinyatakan sesuai untuk digunakan pada Mata Pelajaran Pemrograman Web kelas X di SMK Dharma Paramitha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hamidillah Ajie, M.T. ; 2). M. Ficky Duskarnaen, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 19 Oct 2021 07:51
Last Modified: 19 Oct 2021 07:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21244

Actions (login required)

View Item View Item