ANALISIS PERILAKU PEMAKAIAN KOSMETIKA RIAS WAJAH (DEKORATIF) PADA REMAJA PUBERTAS (Suatu Survei yang Dilakukan pada Siswi Kelas XI SMA Negeri 68 Jakarta)

DINI PASADINA, . (2016) ANALISIS PERILAKU PEMAKAIAN KOSMETIKA RIAS WAJAH (DEKORATIF) PADA REMAJA PUBERTAS (Suatu Survei yang Dilakukan pada Siswi Kelas XI SMA Negeri 68 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI (DINI PASADINA).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai gambaran perilaku pemakaian kosmetika rias wajah (dekoratif) pada remaja pubertas khususnya pada siswi kelas XI SMA Negeri 68 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 68 Jakarta. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan penelitian pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah adalah siswi kelas XI SMAN 68 Jakarta yaitu sebanyak 117 siswi. Sampel penelitian ini sebanyak 91 siswi. Kuesioner disusun berdasarkan 3 indikator, yaitu pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan tindakan konkrit (psikomotor). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket tertutup dalam bentuk rating scale dengan menggunakan skala yang berisi 37 item. Uji validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus Product Moment. Hasil uji validitas dikonsultasikan dengan r tabel sebesar 0,388 sedangkan untuk uji reliabilitas didapat 0,892 yang berarti bahwa instrumen memiliki tingkat reliabilitas sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan dari tabulasi keseluruhan responden menunjukkan bahwa perilaku pemakaian kosmetika rias wajah (dekoratif) cukup baik, yakni sebesar 53,85% dengan kategorisasi tinggi. Dengan jumlah butir soal sebanyak 37 soal yang terdiri dari 3 indikator yaitu kognitif sebesar 20,52%, afektif sebesar 18,44%, dan psikomotor sebesar 61,04%. Pada uji hipotesis yang diperoleh melalui uji binomial dengan software SPSS Versi 22. Hasil uji binomial menunjukkan bahwa hasil EXACT. SIG. bernilai 0,530 hasil tersebut lebih besar dari α yaitu 0,05. Berdasarkan hasil uji binomial diketahui bahwa Ho diterima yaitu terdapat perilaku pemakaian kosmetika rias wajah pada remaja pubertas sama dengan 50% dari yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lilies Yulastri, M.Pd ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 19 Oct 2021 09:08
Last Modified: 19 Oct 2021 09:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21247

Actions (login required)

View Item View Item