MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF CERITA ANAK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III MI KARAKTER AZZAROOFAH, PAGELARANG, JAKARTA TIMUR

EKA RAHMA PUTRI, . (2018) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF CERITA ANAK MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS III MI KARAKTER AZZAROOFAH, PAGELARANG, JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (98kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (243kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (214kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji apakah pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada siswa kelas III di MI Karakter Azzaroofah, Pagelarang, Jakarta Timur dapat diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada keterampilan membaca intensif cerita anak. Sample dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Karakter Azzaroofah, Pagelarang, Jakarta Timur sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 12 orang siswa dan 12 orang siswi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes, pengamatan, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakan adalah Stephen Kemmis dan McTaggart. Adapun tahapan Penelitian Tindakan Kelas ialah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan keterampilan membaca intensif cerita anak. Pada siklus I sebanyak 17 siswa mendapat nilai ≥70 dengan ketuntasan belajar 70,8%. Pada siklus II sejumlah 21 siswa memperoleh nilai ≥70 dengan ketuntasan belajar 87,5%. Aktivitas guru dalam pembelajaran siklus I mencapai 70% sementara aktivitas siswa mencapai 74%. Pada siklus II telah terjadi peningkatan yang baik dari aktivitas guru sebesar 81,5% dan aktivitas siswa sebesar 85%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca intensif cerita anak dapat meningkat melalui pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Gusti Yarmi, M.Pd 2) Dr. Ir. Arita Marini, ME
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 05 Dec 2019 09:46
Last Modified: 05 Dec 2019 09:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item