MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 3 SD NEGERI GERENDENG 3 TANGERANG

ELLEN MEGA IRRINA, . (2018) MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI PENDEKATAN WHOLE LANGUAGE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS 3 SD NEGERI GERENDENG 3 TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (43kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (314kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (289kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (196kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (450kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (515kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (723kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf

Download (198kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (289kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitan tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan pendekatan Whole Language. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III di SD Negeri Gerendeng 3 Tangerang dengan jumlah 30 siswa. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian tindakan kelas dari John Elliot dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah non-tes, pengamatan, catatan lapangan dan dekumentasi. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan persentase hasil pemantau tindakan aktivitas guru pada siklus I pertemuan I adalah 60%, siklus I pertemuan II adalah 66,7%, meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 73,3%, siklus II pertemuan II menjadi 86,7% serta hasil pemantau tindakan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I adalah 46,7%, siklus I pertemuan II 60% meningkat pada siklus II pertemuan I menjadi 73,3% dan siklus II pertemuan II menjadi 86,7%. Adapun minat baca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mencapai 66,7% dan meningkat pada siklus II menjadi 83,3% dari jumlah keseluruhan siswa yang mendapat skor . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa minat baca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan melalui pendekatan Whole Language.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Gusti Yarmi, M.Pd 2) Dr. Ir Arita Marini, M.E
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 05 Dec 2019 10:02
Last Modified: 05 Dec 2019 10:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2130

Actions (login required)

View Item View Item