PEMBUATAN WETTING TENSION TEST MIXTURE UNTUK PENGUKURAN TEGANGAN PERMUKAAN FILM PLASTIK PADA INDUSTRI FLEXIBLE PACKAGING

FADJAR DHAHANA DJATI, . (2016) PEMBUATAN WETTING TENSION TEST MIXTURE UNTUK PENGUKURAN TEGANGAN PERMUKAAN FILM PLASTIK PADA INDUSTRI FLEXIBLE PACKAGING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai tegangan permukaan film PET dengan ketebalan 12µm, pengaruh cairan wetting tension test mixture dengan nilai tegangan 40 mN/m sampai 45 mN/m terhadap waktu dan viskositasnya serta mengetahui apakah cairan wetting tension test mixture yang diteliti dapat menjadi solusi bagi industri kemasan karena sulitnya mendapatkan cairan wetting tension mixture impor. Untuk mengukur waktu kumpul cairan terhadap permukaan film plastik menggunakan metode swap sesuai ISO 8296. Kemudian untuk mendapatkan nilai viskositas cairan wetting tension test mixture menggunakan hukum Poiseuille dengan alat viskometer ostwald. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa nilai tegangan permukaan film plastik PET dengan ketebalan 12µm adalah >45 mN/m. Nilai viskositas cairan wetting tension test mixture 40 mN/m yang diteliti adalah sebesar 4,07 Poise, sedangkan cairan dengan nilai tegangan 45 mN/m memiliki nilai viskositas sebesar 3,69 Poise. Cairan wetting tension test mixture 40 mN/m yang diteliti memiliki waktu kumpul 86,6 detik, sedangkan cairan impor dengan nilai tegangan yang sama adalah 84,9 detik. Untuk cairan wetting tension test mixture 45 mN/m memiliki waktu kumpul sebesar 9,5 detik, sedangkan cairan impor memiliki waktu sebesar 9,3 detik. Larutan kimia yang menjadi kompoisi cairan wetting tension test mixture yang diteliti dan cairan impor adalah Formamide dan Ethylene Glycol Monoethyl Ether. Dari waktu kumpul dan jenis larutan sebagai komposisi, cairan wetting tension test mixture yang diteliti dapat digunakan sebagai solusi dalam kesulitan mendapatkan cairan wetting tension test mixture impor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Riza Wirawan ; 2). Siska Titik Dwiyati, S.Si., MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 27 Oct 2021 06:24
Last Modified: 27 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21309

Actions (login required)

View Item View Item