HUBUNGAN ANTARA MANFAAT LABORATORIUM BANK MINI AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN DI SMK NEGERI 12 JAKARTA

SUKAENAH, . (2016) HUBUNGAN ANTARA MANFAAT LABORATORIUM BANK MINI AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PERBANKAN DI SMK NEGERI 12 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Sukaenah 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data dan fakta yang valid tentang hubungan antara pemanfaatan laboratorium bank mini akuntansi sebagai media pembelajaran dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perbankan di SMK Negeri 12 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Akuntansi yang berjumlah 210 siswa. Populasi terjangkau pada penelitian adalah siswa kelas XI dan XII Akuntansi berjumlah 140 siswa. Jumlah sample yang dijadikan penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII Akuntansi sejumlah 100 siswa. Jumlah sampel dari tiap kelas diambil secara proporsional dengan menggunakan teknik acak sederhana (Proportional Random Sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk kuesioner berjumlah 28 butir unuk variabel pemanfaatan laboratorium bank mini akuntansi sebagai media pembelajaran dan 30 butir untuk variabel minat belajar. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah ̂ = 20,53 + 0,770X. Data dinyatakan normal karena hasil dari < dengan jumlah sebesar 0,046 dan dengan taraf signifikan 5% serta n= 100 orang maka 0,089. Berdasarkan uji linieritas regresi, didapatkan hasil data berbentuk linier yaitu hasil < dengan hasil perhitungan sejumlah 0,89 dan sebesar 1,61. Berdasarkan uji hipotesis, untuk uji keberartian regresi didapat hasil data bahwa regresi diperoleh memiliki keberartian atau signifikan yaitu hasil perhitungan didapatkan bahwa > dengan sebesar 52,35 dan sebesar 3,96. Uji koefisien korelasi didapatkan dari hasil perhitungan bahwa sebesar 0,590 yang artinya bahwa terdapat hubungan yang kuat antara pemanfaatan laboratorium bank mini akuntansi sebagai media pembelajaran dengan minat belajar siswa. Berdasarkan uji keberartian koefisien korelasi (uji-t) didapat hasil bahwa sebesar 7,24 dengan pada n-2 (100-2) = 1,66, hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan di antara kedua variabel karena hasil > . Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi untuk kedua variabel menghasilkan 0,590 atau sebesar 34,82% yang artinya pemanfaatan laboratorium bank mini akuntansi sebagai media pembelajaran dapat mempengatuhi minat belajar siswa sebesar 34,82%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd, M.Ak ; 2). Erika Takidah, S.E, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2019 10:54
Last Modified: 05 Dec 2019 10:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2133

Actions (login required)

View Item View Item