MODEL GERAK DASAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BERBASIS APLIKASI UNTUK ANAK USIA 9 TAHUN

VICKI AHMAD KARISMAN, . (2021) MODEL GERAK DASAR MELALUI PENDEKATAN BERMAIN BERBASIS APLIKASI UNTUK ANAK USIA 9 TAHUN. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (284kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan gerak dasar penting dimiliki semua anak-anak guna menunjang aktivitas fisik di masa yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat pendekatan bermain berbasis alikasi. Penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) melalui model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate). Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 64 orang. Pendekatan statistika yang digunakan dalam penelitian ini adalah rata-rata, simpangan baku, normalitas, homogenitas dan paired sample t-test melalui SPSS 21. Proses penelitian ini menghasilkan variasi gerakan berdasarkan model yang dikembangkan yaitu: 1) Permainan nonlokomotor yaitu: Lempar Paket, Gulat Semut, Tarik Tambang, Cerita Pendek, Lewati Lorong, Merayap Menggelinding, Menghindari Roket, Menghindari Komet, Hindari Kucing, Jadi Pesawat, Jadi Bangau, Kereta Api Satu Kaki, Kuli Panggul, Kereta Api, Jalan di Atas Balok, 2) Permainan Lokomotor yaitu: Cerita Jalan Hewan, Putar-Putar, Ular-ularan, Halang Rintang, Kucing Tikus, Mengambil Bintang, Lompat Balok, Tumpuk Lompat, Balok Berjalan, Ambil Bintang, Tangkap Burung, Tangkap Nyamuk, Lewati Sungai, Jadi Katak, Lompat Garis, Jinjit Pesawat, Jalan Satu Kaki, Satu Garis, Parasut, Lingkaran Binatang, Jalan Menyamping, Menjadi Rusa dan Bangau, Jadi Patung, Lewati Balok, Lompat ditempat, Lompat Tali dan Lompat Tali Berjalan. 3) Permainan Manipulatif yaitu: Jalan Lurus, Jatuhakan Benteng, Bola Pantul, Lempar Bulan, Lempar Bintang, Tangkap Bulan, Tangkap Bintang, Saling Serang, Rolling Traping, Tendang Kejar Tahan, Bolak Balik, Pukul Lari, Segitiga, Mini Softball, Pantul Warna, Ambil Bola dari Lawan, Dribble Zig-zag, Melayang, Lempar Bumi dan Mini Volley. Model yang dibuat menunjukan bahwa model gerak dasar melalui pendekatan bermain berbasis aplikasi Asik secara efektif meningkatkan keterampilan gerak dasar. ********* Fundamental movement skills mastery is essentially important for every child to support their physical activity in their future life. As its importance, this study is aiming at developing the fundamental movement models through playing activities and examining its effectiveness. In this study, the researcher applied and developed the ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate) model of Research and Development (RnD) research design. It involved 64 students as research participants. The statistical approach of the test of average, standard deviation, normality, homogeneity and paired sample t-test were calculated by utilizing SPSS 21. This study process brought about the variety of movements based on the developed models, namely: 1) non-locomotor games; including Lempar Paket, Gulat Semut, Tarik Tambang, Cerita Pendek, Lewati Lorong, Merayap Menggelinding, Menghindari Roket, Menghindari Komet, Hindari Kucing, Jadi Pesawat, Jadi Bangau, Kereta Api Satu Kaki, Kuli Panggul, Kereta Api, Jalan di Atas Balok,. 2) locomotor games; including Cerita Jalan Hewan, Putar-Putar, Ularularan, Halang Rintang, Kucing Tikus, Mengambil Bintang, Lompat Balok, Tumpuk Lompat, Balok Berjalan, Ambil Bintang, Tangkap Burung, Tangkap Nyamuk, Lewati Sungai, Jadi Katak, Lompat Garis, Jinjit Pesawat, Jalan Satu Kaki, Satu Garis, Parasut, Lingkaran Binatang, Jalan Menyamping, Menjadi Rusa dan Bangau, Jadi Patung, Lewati Balok, Lompat ditempat, Lompat Tali dan Lompat Tali Berjalan. 3) manipulative games; including Jalan Lurus, Jatuhakan Benteng, Bola Pantul, Lempar Bulan, Lempar Bintang, Tangkap Bulan, Tangkap Bintang, Saling Serang, Rolling Traping, Tendang Kejar Tahan, Bolak Balik, Pukul Lari, Segitiga, Mini Softball, Pantul Warna, Ambil Bola dari Lawan, Dribble Zig-zag, Melayang, Lempar Bumi dan Mini Voli. Based on the development of models conducted, it revealed that the fundamental movement models development through playing activities effectively promote students’ fundamental movement skills.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Moch. Asmawi, M.Pd. ; 2). Dr. Samsudin, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 13052 not found.
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:22
Last Modified: 30 Aug 2022 05:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21335

Actions (login required)

View Item View Item