HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH AKUNTANSI DI POLITEKNIK LP3I JAKARTA KAMPUS SUDIRMAN TANGERANG

TANTRI INDRIANI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH AKUNTANSI DI POLITEKNIK LP3I JAKARTA KAMPUS SUDIRMAN TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
TANTRI INDRIANI 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara persepsi mahasiswa tentang metode pembelajaran dengan motivasi belajar pada matakuliah akuntansi di Politeknik LP3I Jakarta Kampus Sudirman Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta Kampus Sudirman Tangerang tingakt satu tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 93 mahasiswa, Sampel yang digunakan sebanyak 55 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik probability sampling. Hasil penelitian membuktikan mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi terdapat 50 orang, dengan indikator yang paling dominan adalah adanya keingingan berhasil dalam belajar sebesar 13,65%. Dan indikator yang paling dominan untuk metode pembelajran adalah cara pendidik menyajikan materi. Hal ini berarti mayoritas sample pada penelitian ini, keinginan berhasil dalam belajarnya ditentukan oleh cara pendidik menyajikan materi. Model persamaan regrei Ŷ = 77,77 + 0,47X, menyatakan adanya hubungan yang positif antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar. Hasil uji normalitas lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0876 < Ltabel =0,1195, maka variabel X dan Y berdistribusi normal, yang artinya banyaknya variasi pada variabel metode pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar terjadi secara signifikan. Hasil perhitunga nilai koefisien korelasi menunjukan rxy = 0,547, menyatakan besarnya pengaruh yang sedang antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar. Dan dari koefisien determinasi diperoleh 30% motivasi belajar dipengaruhi oleh metode pembelajran. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan adanya hubungan positif antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar pada mahasiswa Politeknik LP3I Jakarta Kampus Sudirman Tangerang. Besarnya pengaruh yang dihasilkan antara kedua variabel tergolong sedang. Maka untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa secara signifikan dibutuhkan variasi dalam penggunaan metode pembelajaran yang konsisten.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak., ; 2). Ahmad Fauzi, S.Pd., M.Ak.,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 05 Dec 2019 11:14
Last Modified: 05 Dec 2019 11:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2135

Actions (login required)

View Item View Item