PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA KELAS IV SD (Studi Eksperimen di Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan)

FIRLY HANDAYANI, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TENTANG BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA KELAS IV SD (Studi Eksperimen di Kelurahan Lenteng Agung Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Firly Handayani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Lenteng Agung Jakarta Selatan sebanyak 70 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Dengan desain posttest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berbentuk tes pilihan ganda, kemudian dihitung normalitas data menggunakan Lilliefors dan homogenitas data menggunakan Fisher. Hasil pengujian normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan kedua data memiliki varian yang homogen. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung=3.50 dan ttabel=1.69 dan taraf signifikan 0,05 sehingga Hi diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengembangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A.R. Supriatna, M.Pd ; 2). Dr. Muhammad Syarif Sumantri, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Nov 2021 07:34
Last Modified: 08 Nov 2021 07:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21374

Actions (login required)

View Item View Item