MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR

ZUKHOIRIYAH, . (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Zukhoiriyah.pdf

Download (6MB)
[img] Text
JURNAL MENINGKATKAN KEMAMPUAN BICARA ANAK USIA 4.pdf

Download (183kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bicara anak usia 4-5 tahun melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar. penelitian ini dilaksanakan pada kelompok A di Paud Rusun Griya Tipar Cakung Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A, yang terdiri dari 12 anak yaitu 6 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Penelitian yaitu meningkatkan kemampuan bicara anak dengan menggunakan media kartu bergambar. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Metode penggumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari upaya meningkatkan kemampuan bicara menggunakan media kartu bergambar yang ada di dalamnya ada interaksi antara guru dengan anak melalui kegiatan menjawab pertanyaan, menceritakan kembali isi cerita, dan bercerita tentang pengalaman pribadi yang dimiliki anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan, kemampuan berbicara anak kurang optimal (42.08 %). Pada siklus 1 meningkat sebesar 64.91% dan pada siklus 2 meningkat lebih baik menjadi sebesar 85.66 %. Jadi peningkatan yang terjadi dari pra penelitian sampai pada siklus 2 sebesar 43.58 %. Dari hasil yang diperoleh, maka kemampuan bicara anak dapat ditingkatkan dengan media kartu bergambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bicara anak usia 4-5 tahun melalui pembelajaran dengan menggunakan media kartu bergambar. penelitian ini dilaksanakan pada kelompok A di Paud Rusun Griya Tipar Cakung Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A, yang terdiri dari 12 anak yaitu 6 orang anak laki-laki dan 6 orang anak perempuan. Penelitian yaitu meningkatkan kemampuan bicara anak dengan menggunakan media kartu bergambar. Model penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Metode penggumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari upaya meningkatkan kemampuan bicara menggunakan media kartu bergambar yang ada di dalamnya ada interaksi antara guru dengan anak melalui kegiatan menjawab pertanyaan, menceritakan kembali isi cerita, dan bercerita tentang pengalaman pribadi yang dimiliki anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra tindakan, kemampuan berbicara anak kurang optimal (42.08 %). Pada siklus 1 meningkat sebesar 64.91% dan pada siklus 2 meningkat lebih baik menjadi sebesar 85.66 %. Jadi peningkatan yang terjadi dari pra penelitian sampai pada siklus 2 sebesar 43.58 %. Dari hasil yang diperoleh, maka kemampuan bicara anak dapat ditingkatkan dengan media kartu bergambar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hikmah, M.Pd, MM 2. )Dr. R. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:38
Last Modified: 10 Nov 2021 03:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21386

Actions (login required)

View Item View Item