PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IX PAKET B DI PKBM NEGERI 14 JAKARTA TIMUR

Zepa Nur Rohman, . (2017) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IX PAKET B DI PKBM NEGERI 14 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Fix Skripsi Zepa Nur Rohman PLS 2013.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Skripsi Zepa Nur Rohman PLS 2013.pdf

Download (6MB)

Abstract

Metode diskusi kelompok merupakan salah satu metode pembelajaran yang lebih menekankan peserta didik untuk aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui penerapan metode diskusi kelompok pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX Paket B di PKBM Negeri 14 Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode eksperimen dengan pre-experimental design. Menggunakan lembar penilaian, lembar observasi, instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran (IPPP) serta angket dalam pengumpulan data dengan responden sebanyak 14 peserta didik aktif yang mengikuti mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IX paket B di PKBM Negeri 14 Jakarta Timur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Penilaian kognitif rata-rata pretest sebesar 44,2, rata-rata kelompok sebesar 82,7 dan rata-rata posttest sebesar 70,7. Peningkatan terjadi pada nilai pretest-posttest sebesar 26,4 atau 78,5% serta penilaian rata-rata kelompok sebesar 82,7 atau 100% peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 6,5. (2) Penilaian afektif rata-rata sebesar 72,28% atau 85,7% peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 6,5. (3) Penilaian psikomotorik rata-rata sebesar 76,85% atau 92,8% peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 6,5. Hasil angket penerapan metode diskusi kelompok sebesar 79,7% yang berarti dapat diterima dengan baik oleh peserta didik. The method of discussion group is one of the learning methods that emphasizes students for active in the learning process. The purpose of this research is to improve the learning results through discussion group on subjects Social Science class IX package B in PKBM 14 East Jakarta. The method used is using the experimental method with pre-experimental design. Using assessment sheets, observation instruments, assessment appraisal instruments (IPPP) and questionnaires in data collection with 14 active students who attend Social Science lesson on class IX package B in PKBM 14 East Jakarta. The results of this research is: (1) The average of cognitive assessment on pretest is 44.2, the average of a group is 82.7 and the average posttest is 70.7. The increase in the average value of pretest-posttest is 26.4 or 78.5% as well as the average assessment groups is 82.7 or 100% students who have met the minimum criteria of masery learning (KKM) of 6.5. (2) The average of affective assessment is 72.28% or 85.7% students who have met the minimum criteria of masery learning (KKM) of 6.5. (3) The average of psychometric assessment is 76.85% or 92.8% students who have met the minimum criteria of masery learning (KKM) of 6.5. The result of the application of discussion method in questionnaires is 79,7% which means it can be well received by the students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Durotul Yatimah, M.Pd 2) Karta Sasmita, S.Pd, M.Si, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Nov 2021 03:58
Last Modified: 10 Nov 2021 03:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21389

Actions (login required)

View Item View Item