PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X (SEPULUH) AKUNTANSI PADA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN DI SMK NEGERI 8 KOTA BEKASI

ZARACHEROSA VIOLETIA TRIANANDA, . (2017) PENGARUH PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X (SEPULUH) AKUNTANSI PADA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI DAN KEUANGAN DI SMK NEGERI 8 KOTA BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi ZARACHEROSA VIOLETIA TRIANANDA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar siswa kelas X Akuntansi Pada Pelajaran Pengantar Akuntansi dan Keuangan di SMK Negeri 8 Kota Bekasi berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 8 Kota Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Desain penelitian terdiri atas kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 8 Bekasi tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 288 siswa. Populasi terjangkau dari penelitian ini adalah dua kelas yang kemampuan siswanya homogen, yaitu kelas X AK 1 dan kelas X AK 2. Dalam penelitian ini sampel adalah kelas X AK 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas X AK 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan obseravsi dan tes hasil belajar siswa. Uji prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan uji liliefors yang dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang didapat Lh < Lt pada kedua kelompok, yaitu 0,113 > 0,148 pada kelompok eksperimen, 0,118 > 0,148 pada kelompok eksperimen. Hal itu menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung lebih kecil dari nilai Ftabel, yaitu 1,28 < 1,82 yang artinya kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mempunyai varians yang sama atau homogen. Pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,7 dan ttabel sebesar 1,67, hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel . Hal ini menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa pada kelompok kontrol. This study aims to determine the influence between SAVI approach (Somatis, Auditori, Visual, Intellectual) to the learning results of class X Accounting Students in Introduction to Accounting and Finance at SMK Negeri 8 Kota Bekasi based on valid and reliable data and facts. The research was conducted at SMK Negeri 8 Kota Bekasi. The method used is the experimental method. The study design consisted of experimental group and control group. Population in this study were all students of SMK Negeri 8 Bekasi academic year 2016/2017 which amounted to 288 students. Affordable population of this research are two classes with homogenous student ability, that is class X AK 1 and class X AK 2. In this research the sample is class X AK 2 as experiment class as much as 35 students and class X AK 1 as control class as many as 35 students . Data collection technique in this research is using obseravsi and test result of student learning. The prerequisite analysis test was performed by using liliefors test conducted on experimental group and control group obtained Lh <Lt in both groups, that is 0,113> 0,148 in experiment group, 0,118> 0,148 in experiment group. It shows that the data in the experimental group and the control group is normally distributed. In homogeneity test obtained Fcount value is smaller than Ftable value, that is 1.28 <1.82 which means the experimental group and the control group have the same or homogeneous variance. Hypothesis testing obtained tcount of 5.7 and ttable of 1.67, the calculation results show that t count is greater than ttable. This shows that the average of the students 'learning outcomes in the experimental group is higher than the average of the students' learning outcomes in the control group.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd,. M.Ak 2). Achmad Fauzi, S.Pd,. M.Ak
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:20
Last Modified: 10 Nov 2021 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21393

Actions (login required)

View Item View Item