PENGGUNAAN MEDIA WRITING CLAW GRIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS

Zakiyyah Ulfah Syahidah, . (2016) PENGGUNAAN MEDIA WRITING CLAW GRIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
JURNAL 2016 ZAKIYYAH.pdf

Download (316kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan alat bantu Writing Claw Grip mampu meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada anak autis yang berusia 8 tahun dan bertempat tinggal di Perumahan Banjar Wijaya Cluster Nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain A-B-A dan di analisis dengan menggunakan analisis visual dalam kondisi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan pencatatan skor perolehan pada tiap tahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu Writing Claw Grip mampu meningkatkan keterampilan menulis permulaan pada anak autis. Hasil penelitian ini didukung dengan adanya peningkatan skor perolehan dari sebelum dilakukannya intervensi dengan menggunakan alat bantu Writing Claw Grip. Oleh karena itu, orang tua perlu mengembangkan keterampilan menulis ke tahap yang lebih tinggi dan bisa dengan menggunakan alat bantu Writing Claw Grip ini. This research was conducted in order to determine whether the use of learning tools Writing Claw Grip starters can improve writing skills in autistic children 8 years old and resides in Banjar Wijaya Cluster Housing. This study is a single subject (Single Subject Research) with the design of the A-B-A and analyzed by using a visual analysis of the condition. The data collection is done by using observation and recording a score gains at each stage. The results showed that the use of learning tools Writing Claw Grip starters can improve writing skills in children with autism. The results of this research was supported by an increase in proceeds from the score before the intervention using learning tools Writing Claw Grip. Therefore, parents need to develop writing skills to a higher stage and could use this learning tools Writing Claw Grip.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Irah Kasirah, M.Pd 2) Dra. Purwani Budi Astuti
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:20
Last Modified: 10 Nov 2021 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21396

Actions (login required)

View Item View Item