STUDI DESKRIPTIF METODE TARTIL PADA PROGRAM PENGAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN TINGKAT DASAR DI LEMBAGA BAHASA DAN ILMU AL-QUR’AN DKI JAKARTA

ZAHRA, . (2017) STUDI DESKRIPTIF METODE TARTIL PADA PROGRAM PENGAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN TINGKAT DASAR DI LEMBAGA BAHASA DAN ILMU AL-QUR’AN DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK ZAHRA 1515133698.pdf

Download (324kB)
[img] Text
ZAHRA 1515133698.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberhasilan dari metode tartil serta mengetahui kendala-kendala pada proses metode tartil pada program pengajaran membaca Al-Qur’an tingkat dasar di LBIQ DKI Jakarta. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu pihak pengelola lembaga, instruktur dan peserta belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tartil yang digunakan pada program pengajaran membaca AlQur’an tingkat dasar di LBIQ DKI bisa dikatakan berhasil. Hasil ini menunjukkan bahwa metode tartil dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an tingkat dasar di LBIQ DKI Jakarta. Namun banyaknya peserta di dalam kelas membuat suasana pembelajaran menjadi kurang kondusif. The main purpose of this research is to describe the success of the tartil method and to know the constraints on the process of tartil method in the teaching program of reading the basic level of the Al-Qur'an in LBIQ DKI Jakarta. This research uses descriptive method with qualitative approach. Objects in this study are the organizers of institutions, instructors and study participants. Data collection techniques use observation, interviews, and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation, and conclusions or verification. The results showed that the tartil method used in the teaching program of reading the basic Al-Qur'an level in LBIQ DKI can be said success. These results indicate that the tartile method can improve the reading ability of the basic Al-Qur'an at LBIQ DKI Jakarta. But for many participants inside class made the study activity became less condusive.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Karta Sasmita, M.Si., Ph.D 2) Prof. Dr. Hafid Abbas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 10 Nov 2021 06:53
Last Modified: 10 Nov 2021 06:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21401

Actions (login required)

View Item View Item