KOHESI REFERENSIAL DALAM RUBRIK PSYCHOLOGIE MAJALAH ÇA M’INTÉRESSE

VIRNI YUSNITA, . (2016) KOHESI REFERENSIAL DALAM RUBRIK PSYCHOLOGIE MAJALAH ÇA M’INTÉRESSE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (21kB)
[img] Text
COVER-DAFTARLAMPIRAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (10kB)
[img] Other
LEMBAR PENGESAHAN.PDF

Download (962kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN 2.pdf

Download (1MB)
[img] Other
TANDA TANGAN.PDF

Download (962kB)

Abstract

Skripsi ini membahas masalah pemarkah kohesi jenis referensi dalam rubrik Psychologie pada majalah Ça M’Intéresse. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis referensi meliputi referensi total, referensi parsial, dan referensi konseptual yang terdapat dalam rubrik Psychologie pada majalah Ça M’Intéresse edisi Juli 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kohesi oleh Christian Baylon, teori referensi oleh Sylvie Garnier dan Alan D.Savage, teori wacana, teori media massa dan teori majalah. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam rubrik Psychologie terdapat pemakaian referensi, baik berupa referensi total, referensi parsial, dan referensi konseptual. Tetapi pemarkah referensi terbanyak yang ditemukan dalam wacana adalah referensi total, sedangkan yang paling sedikit adalah referensi parsial. Dengan demikian, hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa rubrik Psychologie pada majalah Ça M’Intéresse edisi Juli 2014 memiliki kepaduan bentuk dan hubungan referensial guna mempermudah pemahaman pembaca terhadap suatu wacana. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat khususnya bagi para Mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis agar dapat memahami secara lebih mendalam tentang kohesi jenis referensi dan mampu membuat tugas karangan yang kohesif dan koheren, khususnya pada mata kuliah Redaction I dan II. Hasil penelitian ini juga berguna menambah wawasan para mahasiswa dalam bidang linguistik dan analisis wacana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Amalia Saleh, M.Pd ; 2). Yusi Asnidar, S.Pd., M.Hum
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2019 12:38
Last Modified: 05 Dec 2019 12:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item