VIRNI YUSNITA, . (2016) KOHESI REFERENSIAL DALAM RUBRIK PSYCHOLOGIE MAJALAH ÇA M’INTÉRESSE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (9kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (35kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (117kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (40kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (127kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (21kB) |
|
Text
COVER-DAFTARLAMPIRAN.pdf Download (84kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Download (10kB) |
|
Other
LEMBAR PENGESAHAN.PDF Download (962kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN 2.pdf Download (1MB) |
|
Other
TANDA TANGAN.PDF Download (962kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas masalah pemarkah kohesi jenis referensi dalam rubrik Psychologie pada majalah Ça M’Intéresse. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan jenis referensi meliputi referensi total, referensi parsial, dan referensi konseptual yang terdapat dalam rubrik Psychologie pada majalah Ça M’Intéresse edisi Juli 2014. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kohesi oleh Christian Baylon, teori referensi oleh Sylvie Garnier dan Alan D.Savage, teori wacana, teori media massa dan teori majalah. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam rubrik Psychologie terdapat pemakaian referensi, baik berupa referensi total, referensi parsial, dan referensi konseptual. Tetapi pemarkah referensi terbanyak yang ditemukan dalam wacana adalah referensi total, sedangkan yang paling sedikit adalah referensi parsial. Dengan demikian, hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa rubrik Psychologie pada majalah Ça M’Intéresse edisi Juli 2014 memiliki kepaduan bentuk dan hubungan referensial guna mempermudah pemahaman pembaca terhadap suatu wacana. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat khususnya bagi para Mahasiswa Jurusan Bahasa Prancis agar dapat memahami secara lebih mendalam tentang kohesi jenis referensi dan mampu membuat tugas karangan yang kohesif dan koheren, khususnya pada mata kuliah Redaction I dan II. Hasil penelitian ini juga berguna menambah wawasan para mahasiswa dalam bidang linguistik dan analisis wacana.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Amalia Saleh, M.Pd ; 2). Yusi Asnidar, S.Pd., M.Hum |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 05 Dec 2019 12:38 |
Last Modified: | 05 Dec 2019 12:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2143 |
Actions (login required)
View Item |