IMPLEMENTASI KEGIATAN PESANTREN KILAT SEBAGAI BENTUK SOSIALISASI KEAGAMAAN (Studi Pada Siswa SMP Negeri 1 Leuwisari di Kabupaten Tasikmalaya)

Upi Siti Patimah, . (2019) IMPLEMENTASI KEGIATAN PESANTREN KILAT SEBAGAI BENTUK SOSIALISASI KEAGAMAAN (Studi Pada Siswa SMP Negeri 1 Leuwisari di Kabupaten Tasikmalaya). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (152kB)
[img] Text
03 LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
04 LEMBAR ORSINILITAS.pdf

Download (268kB)
[img] Text
06 KATA PENGANTAR.pdf

Download (22kB)
[img] Text
11 BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
12 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
13 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
14 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
15 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan pesantren kilat yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Manarul Irsyad dalam melakukan pembinaan nilai-nilai kegamaan Islam pada siswa SMP Negeri 1 Leuwisari. Pelaksanaan pesantren kilat ini tercipta karena adanya relasi antara sekolah SMP Negeri 1 Leuwisari dengan pondok pesantren Manarul Irsyad atas dasar Peraturan Bupati No 40 tahun 2009. Pondok pesantren Manarul Irsyad sebagai agen sosialisasi yang memiliki fungsi dalam melakukan pembinaan nilai-nilai keagamaan pada siswa. Sehingga memberikan pengaruh dalam membentuk kepribadian siswa yang sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian berlokasi di Pondok Pesantren Manarul Irsyad, Jalan. Cisereuh, Kampung Ciseureuh Jati, Desa Cigadog, Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya. Jangka waktu penelitian yang peneliti lakukan adalah enam bulan terhitung dari Juni sampai November pada tahun 2018. Data didapatkan melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan pengamatan secara langsung. Subyek penelitian yaitu, Komite Sekolah, Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Guru pengampu kegiatan pesantren kilat dipesantren, siswa dan orang tua wali siswa. Kajian yang digunakan penulis adalah teori sosialisasi agama menurut pandangan Darren E Sherkat dalam kajian ilmu teori sosiologi dengan konsep pesantren kilat dan sosialisasi. Berdasarkan hasil penelitian, sosialisasi yang diberikan oleh pondok pesantren Manarul Irsyad dalam pelaksanaan kegiatan pesantren kilat. Dianalisis berdasarkan pandangan Darren E.Sherkat. Darren menjabarkan bahwasannya sosialisasi agama adalah proses interaktif dimana agen sosialisasi mempengaruhi kepercayaan dan pemahaman religius individu. Agen sosialisasi yang terlibat adalah pendidikan, keluarga, teman sebaya, dan denominasi. Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, sekolah membangun relasi dengan pondok pesantren, pondok pesantren merupakan agen sosialisasi sekunder yang memiliki peran penting dalam mendidik dan menciptakan individu yang memiliki keperibadian yang baik dan berakhlak mulia. Penanaman nilai-nilai yang dilakukan dengan melakukan bimbingan pembinaan keimanan, pembinaan akhlak, pembinaan praktik ibadah, pembinaan keilmuan. Selain itu, beberapa kajian materi keagamaan diberikan oleh pondok pesantren. Pendalaman materi yang diberikan ialah akidah akhlak, fiqih, tauhid, tarekh islam, tahfidz Al-Quran. Kelurga dan teman sebaya memiliki peran dalam kegiatan pesantren kilat. Namun, denominasi tidak berperan hal ini dikarenakan siswa sebagai subjek tidak memiliki relasi dengan denominasi. Siswa dalam melakukan suatu tindakan tentunya mendapatkan pengaruh dari agen sosial untuk dapat menginterpretsikan nilai-nilai keagamaan selama mengikuti kegiatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rusfadia Saktiyanti Jahja, M.Si, ; 2). Dian Rinanta Sari, S.Sos, M.A.P
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 15 Nov 2021 04:19
Last Modified: 15 Nov 2021 04:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21435

Actions (login required)

View Item View Item