HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V (Studi Korelasi di SDN Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang Banten)

BAI LATIFAH, . (2019) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS V (Studi Korelasi di SDN Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang Banten). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
10 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

This study aims to determine the relationship between self-efficacy and emotional intelligence with learning achievement in social sciences (IPS) in class V students at SDN Majasari Subdistrict, Pandeglang, Banten. This research is a quantitative research, the research model used in this study is a correlational model. The research hypothesis was tested using regression analysis and correlation. The sample of this study was the class V students in SDN Majasari Subdistrict, Pandeglang Banten Regency and the samples used in the study were 109 students taken using sample random sampling. The results showed that: There is a positive relationship between self-efficacy and social studies learning achievement with a correlation coefficient of 0.499. There is a positive relationship between emotional intelligence and social studies learning achievement with a correlation coefficient of 0.547. There is a positive relationship together between self-efficacy and emotional intelligence with social studies learning achievement with a correlation efficiency of 0.4735 and a contribution of 47.30%. Based on the results of the study it can be concluded that (1) there is a significant positive relationship between self-efficacy and social studies learning achievement in class V students; (2) there is a significant positive relationship between emotional intelligence and social studies learning achievement in class V students; (3) there is a significant positive relationship together between self efficacy and emotional intelligence with social studies learning achievement in class V students. ********** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas V di SDN Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model korelasional. Hipotesis penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi dan korelasi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SDN Kecamatan Majasari Kabupaten Pandeglang Banten dan sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 109 siswa yang diambil dengan menggunakan sampel random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada hubungan positif antara efikasi diri dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,499. Ada hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,547. Ada hubungan yang positif secara bersama-sama antara efikasi diri dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,4735 dan kontribusi sebesar 47,30%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas V; (2) terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas V; (3) terdapat hubungan positif yang signifikan secara bersama-sama antara efikasi diri dan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar IPS pada peserta didik kelas V.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Arita Marini, M.E. ; 2). Dr. Eko Siswono, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 15 Nov 2021 06:14
Last Modified: 15 Nov 2021 06:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21439

Actions (login required)

View Item View Item