PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI PERMAINAN FISIK UNTUK ANAK USIA DINI (Penelitian Tindakan kelas Kelompok A di TK. Aster Indah Korong Balai Satu Provinsi Sumatera Barat Tahun Ajaran 2018/2019)

CICI RATNA SARI, . (2019) PENINGKATAN PERILAKU SOSIAL ANAK MELALUI PERMAINAN FISIK UNTUK ANAK USIA DINI (Penelitian Tindakan kelas Kelompok A di TK. Aster Indah Korong Balai Satu Provinsi Sumatera Barat Tahun Ajaran 2018/2019). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Perbaikan BAB 1-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan permainan fisik untuk anak usia dini dalam meningkatkan perilaku sosial anak. Penelitian ini dilakukan di TK Aster Indah Korong Balai Satu, Provinsi Sumatera Barat pada bulan April 2019. Subjek penelitian adalah kelompok A sebanyak 10 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian terdiri dari: perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Dilakukan untuk 12 pertemuan dibagi menjadi dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kuantitatif menggunakan ststistic deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari siklus pertama dan siklus kedua. Sedangkan analisis data kualitatif digunakan untuk menganalisis data dari catatan lapangan dan dokumentasi selama melakukan penelitian dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display dan juga verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan persentase pra siklus sebesar 48,70%, siklus I 65,02%, kemudian siklus II menjadi 84,25%. Simpulan penelitian ini bahwa permainan fisik untuk anak usia dini efektif digunakan sebagai pembelajaran untuk meningkatkan perilaku sosial anak di TK Aster Indah Korong Balai Satu Provinsi Sumatera Barat. ********* This study aims to describe the process of implementing the game of goatrecurrence, galah and cak mimin in improving children's social behavior. This research was conducted at TK Aster Indah Korong Balai Satu, West Sumatra Province in April 2019. The research subjects were group A as many as 10 students. This research uses classroom action research methods. Research procedures consist of: planning, action and observation, reflection. Conducted for 12 meetings divided into two cycles. Data collection techniques are done through observation, interviews, documentation and field notes. The data analysis technique used in this study is qualitative and quantitative data analysis. Quantitative data analysis uses descriptive statistics that compare the results obtained from the first cycle and the second cycle. While qualitative data analysis is used to analyze data from field notes and documentation during conducting research using data reduction, display and data verification steps. The results of this study indicate that an increase in the percentage of pre cycle by 48.70%, cycle I 65.02%, then cycle II to 84.25%. The conclusion of this research is that the physical game for early childhood effectively used as learning to improve social behavior of children in kindergarten Aster Indah Korong Balai Satu, West Sumatra Province.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Sofia Hartati, M.Si. ; 2). Dr. Elindra Yetti, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 15 Nov 2021 08:13
Last Modified: 15 Nov 2021 08:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21453

Actions (login required)

View Item View Item