PENGGUNAAN SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA ASPEK MENJALIN HUBUNGAN PERSAHABATAN

Yohana Leonardo Siahaan, . (2016) PENGGUNAAN SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH PADA ASPEK MENJALIN HUBUNGAN PERSAHABATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_YOHANA-BK_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah pada kelas VII 2 SMP Negeri 16 Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode Pre experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Penelitian menggunakan sampel sebanyak 8 orang siswa, teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dan penggunaan teknik sosiodrama dalam bentuk kelompok. Pengukuran pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan berdasarkan teori penyesuaian sosial di lingkungan sekolah sebanyak 30 item pernyataan yang valid dan memiliki koefesien reliabilitas sebesar 0,904 yang berarti bahwa instrumen tersebut layak dan dapat digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test diperoleh hasil nilai asymp. Sig = 0,012. Hipotesis penelitian di uji pada taraf signifikansi α = 0,05 atau tingkat kesalahan sebesar 5%, maka nilai Asymp. Sig = 0,012 < nilai signifikansi α 0,05. Disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal tersebut memiliki arti bahwa penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah meningkat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, teknik sosiodrama berpengaruh positif terhadap penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah. Sosiodrama dapat diterapkan oleh guru bimbingan dan konsling di sekolah sebagai salah satu alternatif penanganan bagi siswa yang memiliki penyesuaian sosial di lingkungan sekolah yang rendah. Kata kunci: Teknik sosiodrama, penyesuaian sosial siswa di lingkungan sekolah This research aims to increase social adjustment of student in the school. This research was conducted in the SMPN 16 Bekasi in Mei 2016. This research used the Pre Experimental method in the form of Pre test-post test one group design. This research used eight students as sample, sampling techniques used purposive sampling and the use of sociodrama techniques in the group activity. Measurements in the research was adapted from social adjustment of student in the school theory there has 30 valid items and 0,904 coefficient reliability that means the inventory suitable to used for this research. Based on the result of hypothesis testing using Wilcoxon Match Pairs Test, the result obtained asymp value. Sig = 0,012. The research hypothesis were tested at the significance value 0,05. It can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. This means that there increase on social adjustment of student in the school after respondent in experiment group was given a sociodrama techniques. Based on the research that has done, using the sociodrama has positive influence to increase social adjustment of student in the school. Sociodrama in group setting is one alternative treatment that can be applied by school counselor to deal with students who have low social adjustment in the school. Keyword : sociodrama, social adjustment in the school

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Wirda Hanim, M.Psi. 2). Dra. Dewi Justitia, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Nov 2021 04:00
Last Modified: 17 Nov 2021 04:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21466

Actions (login required)

View Item View Item