PROTOTIPE PERINGATAN DAN EVAKUASI BAHAYA KEBAKARAN PADA GEDUNG BERBASIS ARDUINO MEGA 2560 DENGAN MONITORING MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID

HENDRA FRIANSA, . (2016) PROTOTIPE PERINGATAN DAN EVAKUASI BAHAYA KEBAKARAN PADA GEDUNG BERBASIS ARDUINO MEGA 2560 DENGAN MONITORING MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hendra Friansa 5215111752.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan pembuatan penelitian ini adalah untuk merancang, membuat dan menguji sistem peringatan dan evakuasi bahaya kebakaran pada gedung berbasis arduino mega 2560 dengan monitoring menggunakan aplikasi android. Sistem peringatan dan evakuasi menggunakan buzzer, pompa air, lampu LED untuk jalur evakuasi serta panggilan telepon dan pengiriman sms menggunakan modul SIM900A dan pengiriman peringatan bahaya ke aplikasi android menggunakan koneksi internet melalui modul ESP8266. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research and Development yang meliputi penelitian dan pengumpulan informasi (Research and Information Collecting), perencanaan (Planning), pengembangan bentuk awal produk (Develop Preliminary Form of Product), uji lapangan (Field Test), dan revisi produk (Product Revision). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan sistem prototipe telah berjalan dengan baik sesuai rencana dapat mendeteksi adanya indikasi kebakaran serta memberikan output dan aplikasi android yang digunakan sebagai interface untuk memonitoring telah berjalan dengan baik dengan indikasi memberikan notifikasi pada aplikasi android yang telah dibuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Muhammad Yusro, S.Pd, MT ; 2). Aodah Diamah, ST, M.Eng.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 17 Nov 2021 05:57
Last Modified: 17 Nov 2021 05:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21476

Actions (login required)

View Item View Item