PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN CURUG 5 KECAMATAN CIMANGGIS KOTA DEPOK MELALUI PENDEKATAN BERBASIS PROYEK

YATI PURNAMASARI, . (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN CURUG 5 KECAMATAN CIMANGGIS KOTA DEPOK MELALUI PENDEKATAN BERBASIS PROYEK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (18kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
15. DATAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (14kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN PENGESAHAN.pdf

Download (10kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (337kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Curug 5 Kecamatan Cimanggis Kota Depok melalui pendekatan berbasis proyek. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV pada semester 2 tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi sebagian besar perencanaan ulang pada siklus berikutnya. Hasil data penelitian yang diperoleh sebagai berikut: keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh 77,57% dengan nilai tes evaluasi sebesar 73,71 dan pada siklus II memperoleh 85,14% dengan nilai tes evaluasi sebesar 82,28. Penerapan pendekatan berbasis proyek juga mengalami peningkatan yaitu dari siklus I persentase perolehan guru sebesar 80% dan perolehan siswa sebesar 79,4%, sedangkan pada siklus II persentase perolehan guru sebesar 90% dan siswa sebesar 85,6%. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Curug 5 Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, pendekatan berbasis proyek. This classroom action research aims to find out whether there is an improvement in critical thinking skills of fourth grade students of SDN Curug 5 Cimanggis Depok. The subjects of the research are the fourth grade students in the second semester 2016/2017 academic year. The method of the research is classroom action research conducted by using Kemmis and Mc Taggart model. This research was conducted in two cycles through the step of planning, implementing, observing, and reflecting mostly as a re-planning for the next cycles. The results of the research data were obtained as follows: the students’ critical thinking skills have increased from the first cycles 77.57% with the evaluation of test value 73.71 and in the second cycles 85.14% with the test evaluation value 82.28. The implementation of the project based approach also increased from the first cycles the percentage of the teachers’ achievement was 80% and the students’ achievement was 79.4% while in the second cycles the percentage of the teachers’ achievement was 90% and the students’ achievement was 85.6%. It can be concluded that the use of project based approach can improve the critical thinking skills of SDN Curug 5 Cimanggis Depok. Keywords: critical thinking skills, project based approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Sugiarti, M.Pd. 2). Drs. Julius Sagita, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Nov 2021 06:57
Last Modified: 17 Nov 2021 06:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21486

Actions (login required)

View Item View Item