SIKAP GURU BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI DKI JAKARTA TERHADAP LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transjender) DI SEKOLAH

Wuri Tarzia, . (2017) SIKAP GURU BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI DKI JAKARTA TERHADAP LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transjender) DI SEKOLAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Wuri Tarzia 1715121308.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (625kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran sikap guru Bimbingan Konseling SMA Negeri DKI Jakarta terhadap LGBT (Lesbian Gay Biseksual Transjender) di sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Bimbingan Konseling SMAN DKI Jakarta baik lulusan S1 Bimbingan Konseling maupun bukan lulusan S1 Bimbingan Konseling. Sampel dalam penelitian sebanyak 86 guru Bimbingan Konseling yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 68 orang wanita.Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan teknik Multistage Random Sampling. Pengumpulan data diperoleh menggunakan Kuesioner yang terdiri dari 72 pernyataan yang dikembangkan berdasarkan skala sikap Riddle. Skor Reliabilitas pada instrumen yaitu 0.93 yang berarti instrumen Reliabel dan dapat dipercaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan sikap guru Bimbingan Konseling SMAN di DKI Jakarta terhadap LGBT di sekolah lebih negatif dengan presentase sebanyak 68,6 persen dari populasi, Repulsion (menolak) adalah jenis sikap dengan persentase tertinggi yang dipilih oleh sebanyak 44,07 persen responden yang memiliki sikap negatif. Laki-laki memiliki sikap negatif lebih tinggi dengan presentase 77,77 persen dibandingkan dengan perempuan dengan persentase 68,16 persen. Hasil tersebut memberikan implikasi bahwa keberadaan LGBT yang mengalami penolakan dan diskriminasi dalam lingkungan, tidak mendapatkan cukup bantuan, selain itu hal ini berdampak pada ketepatan dan keefektifan pelayanan yang akan diberikan oleh guru Bimbingan Konseling di sekolah. Guru Bimbingan Konseling perlu mengembangkan sikap yang lebih positif terhadap LGBT di sekolah, dengan cara mengikuti seminar atau pelatihan untuk konseling terhadap LGBT, serta membaca beberapa buku yang berkaitan dengan layanan yang dapat diberikan pada LGBT di sekolah. Kata kunci: Sikap, Homoseksual, Lesbian, Gay, Biseksual, Transjender, Skala Riddle, guru Bimbingan Konseling. This research aimed to abtain information about attitudes of high school counselor toward LGBT at schoolS in DKI Jakarta. The population of this research was high school counselors in SMAN DKI Jakarta either graduated or not graduated from guidance and counseling major. The sample in this research was 86 teachers guidance and counseling which consists of 18 is men and 68 is women. The sampling technique used in this research was Multistage Random Sampling techniques. Data collection tool used was questionnaire that consists of 72 items based on the Riddle scale. Reliability score of the instrument was 0.93 which means that this instrument has a very high reliability and trustworthy. The result of the research showed attitudes of high school counselors toward LGBT at schools in SMAN DKI Jakarta is more negative with a 68,6 percent from population, repulsion is a kind of negative attitude as the highest percentage of as much as 44,07 percent. Men have a higher percentage of the negative attitude with percentage 77.77 percent compared to women with percentage 68,16 percent. The result gives the implication that presence of LGBT experience rejections and discriminations in their environment, not enough to get help at school, in addition it is impacting on the appropriateness and effectiveness of the services to be provided by school counselor. School counselors need to develop their attitudes to be more positive toward LGBT at school by following seminars or trainings for counseling with LGBT and read several books that related to provide services for LGBT at school. Keywords: Attitude, Homosexual, Lesbian, Gay, Bisexual, Transgender, Riddle Scale, School Counselor

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Susi Fitri, M.Si., 2). Dra. Meithy Intan R. L.,M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 17 Nov 2021 07:02
Last Modified: 17 Nov 2021 07:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21487

Actions (login required)

View Item View Item