PEMBERDAYAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN MELALUI PEMBINAAN KETERAMPILAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II JAKARTA

RIZKA AMALIA, . (2019) PEMBERDAYAAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN MELALUI PEMBINAAN KETERAMPILAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KELAS II JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[img] Text
COVER - NIM.pdf

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (395kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (320kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (12kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
LEMBAR PUBLIKASI.pdf

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan informasi berdasarkan data dan fakta mengenai pelaksanaan pemberdayaan Anak Didik Pemasyarakatan melalui pembinaan keterampilan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu Kepala Subseksi bidang Pendidikan dan Bimbingan Kemasyarakatan, Petugas Pembinaan, Pembina Teknis, dan 10 (sepuluh) Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta. Proses pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, expert opinion, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pemberdayaan melalui pembinaan keterampilan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap penyadaran dan perencanaan, tahap pemberdayaan, serta tahap penilaian dan pendampingan. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pemberdayaan melalui pembinaan keterampilan masih kurangnya anggaran dana, sarana dan prasarana, serta tenaga pengajar yang terampil, dan jadwal pembinaan keterampilan yang bentrok dengan jadwal kunjungan. Adapun faktor pendukungnya yaitu, adanya bantuan dari pihak luar, tingginya partisipasi Anak Didik Pemasyarakatan untuk terlibat dalam kegiatan pembinaan keterampilan, serta perlakuan pembina yang ramah dan sangat sabar dalam memberikan pembinaan keterampilan. Dampak kegiatan pemberdayaan melalui pembinaan keterampilan yakni adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan, serta adanya perubahan perilaku yang positif pada Anak Didik Pemasyarakatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan pemberdayaan Anak Didik Pemasyarakatan melalui pembinaan keterampilan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Jakarta belum berjalan dengan baik. Hal ini dikarenakan masih terkendala dari segi sarana dan prasarana, anggaran dana, serta Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dwi Afrimetty Timoera SH., MH ; 2). Drs. Agus Martono, M. Sc.
Subjects: Ilmu Sosial > Kondisi Sosial,Masalah Sosial,Reformasi Sosial
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 19 Nov 2021 02:47
Last Modified: 19 Nov 2021 02:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21539

Actions (login required)

View Item View Item