UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Menteng Atas 06 Pagi Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan)

Erwan Ismanto, . (2018) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI DI KELAS IV SD (Studi Penelitian Tindakan Kelas di SDN Menteng Atas 06 Pagi Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover judul skripsi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (329kB)
[img] Text
4. Lembar keaslian skripsi.pdf

Download (292kB)
[img] Text
6. Lembar Daftar Isi.pdf

Download (121kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (414kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf

Download (156kB)
[img] Text
12. Daftar pustaka.pdf

Download (135kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil keterampilan menulis narasi dengan menggunakan media gambar seri pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Jakarta Selatan sebanyak 24 siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan McTaggart. Prosedur penelitian merupakan sebuah siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada pelaksanaan penelitian kedudukan peneliti sebagai guru kelas. Penelitian ini menggunakan media gambar seri yang terdiri 2 siklus. Siklus I sebanyak 11 siswa mendapat nilai >70 dengan ketuntasan belajar sebesar 45,8%. Sedangkan hasil pemantau tindakan guru mencapai 85,7% dan pemantau tindakan siswa mencapai 85,7%. Pada siklus II terjadi peningkatan sejumlah 21 siswa memperoleh nilai >70 dengan ketuntasan belajar sebanyak 87,5%. Kemudian pemantau tindakan guru mencapai 100% dan pemantau tindakan siswa mencapai 92,8%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis narasi siswa dapat meningkat melalui penggunaan media gambar seri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Gusti Yarmi, M.Pd 2) Dra. Rosinar siregar M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Dec 2019 11:44
Last Modified: 06 Dec 2019 11:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2154

Actions (login required)

View Item View Item