PENERAPAN PENILAIAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 26 JAKARTA

REZA RAMADHAN, . (2019) PENERAPAN PENILAIAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMK NEGERI 26 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (56kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (110kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (104kB)
[img] Text
5. LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (117kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memahami dan mendeskripsikan serta menganalisis Penerapan Penilaian Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN di SMK Negeri 26 Jakarta. Khususnya cara guru menilai aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan hasil observasi, dokumentasi dan wawancara yang dilakukan kepada guru PPKN , peserta didik dan staf wakasek bidang kurikulum. Selain itu dilengkapi dengan pendapat ahli. Peneliti menggunakan teori sebagai berikut: aspek pengetahuan berdasarkan Taksosnomi Bloom (Sax 1980) (1) Pemahaman, (2) Penerapan, (3) Analisis, (4) Sintesis, (5) Evaluasi. Aspek sikap (1) Sikap, (2) Minat, (3) Konsep Diri, (4) Moral. Aspek Keterampilan berdasarkan Gagne (1977) faktor eksternal (1) Instruksi Verbal, (2) Menggambar, (3) Demonstrasi, (4) Praktik, (5) Umpan Balik. Berdasarkan penelitian ditemukan hal-hal berikut ini yaitu implementasi penerapan penilaian PPKN di SMK Negeri 26 Jakarta dari ketiga aspek yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Belum berjalan baik karena guru dalam penilaian aspek pengetahuan peserta didik belum menjalankan penilaian otentik secara menyeluruh dan utuh hanya berdasarkan ulangan harian, penilaian akhir semester maupun penilaian akhir tahun. Penilaian aspek sikap pun guru tidak membuat indikator mengenai sikap spiritual atau sikap sosial, hanya melihat terutama dari kehadiran peserta didik saja. Penilaian aspek keterampilan guru hanya terpaku pada presentasi kelompok dan dalam penilaian pun guru tidak ii membuat rubrik penilaian hasil karya peserta didik hanya berdasarkan subtansi saja. Akibat dari catatan penilaian yang tidak lengkap pun guru terkadang keliru dalam mengklasifikasikan hasil dari ketiga aspek penilaian. Sehingga nilai yang peserta didik dapat pada rapot atau hasil belajar belum mampu mencerminkan kemampuan peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. H. Sarkadi, M.Si ; 2). Drs. H. Suhadi, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 19 Nov 2021 06:58
Last Modified: 19 Nov 2021 06:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21546

Actions (login required)

View Item View Item