PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN MULTI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII DI MTSN

DZULFIKAR AKBAR, . (2019) PENGEMBANGAN PAKET PEMBELAJARAN MULTI MEDIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII DI MTSN. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (128kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Paket Pembelajaran Multi Media Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII di MTsN. Paket Pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain Sitepu untuk buku teks pelajaran dan Hannafin and Peck untuk media pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 24 Jakarta dengan Subjek Penelitian yaitu siswa kelas VIII yang belum mencapai Kriteria Kentutasan Minimum. Pengumpulan data dilakukan menggunakan wawancara, intrument test berupa soal pre-test dan post-test, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan dari uji pakar yang terdiri dari ahli materi, media dan desain instruksional dapat dinyatakan bahwa paket pembelajaran multi media layak untuk digunakan. Hasil dari uji satu-satu menunjukkan dari segi tampilan, aspek penyajian materi, serta aspek manfaat sudah sangat baik. Hasil dari uji keterbacaan menyatakan bahwa paket pembelajaran multi media dari segi tingkat keterbacaan dianggap mudah. Hasil uji coba lapangan terjadi peningkatan sebesar 17,00 antara skor pre-test (60,71) dan skor post-test (77,71), yang berarti bahwa Paket Pembelajaran Multi Media yang dikembangkan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. *********** The purpose of this research is to develop social studies learning material for junior high school student. This research applies research and development methods. Sitepu design models are used to develop student learning handbook, along with hannafin and peck design to developing interactive learning media. The subject of this research is student of Grade VIII in MTsn 24 Jakarta who don't meet the required minimum result in learning. All data are collected by questionnaires, pretest posttest evaluation and study documents. The result of this research based on expert matter, media expert and instructional design expert indicates that the product is possible to use in learning. Based on the one on one tryout shows that the product is good in term of appearances, presentation context and utilities. Readability judgement using fogindex score show that the text is easy to understand. The result of field trials shows that there are 17 point increase between pretest (60,71) and post test (77,71) this result indicates that the learning material are feasible to use in order to increase student result

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Nurdin Ibrahim, M.Pd. ; 2). Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 22 Nov 2021 05:59
Last Modified: 22 Nov 2021 05:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21562

Actions (login required)

View Item View Item