Persepsi Peserta Didik Paket B Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Debat Pada Mata Pelajaran IPS di PKBM Miftahul Jannah

Eva Prianka, . (2018) Persepsi Peserta Didik Paket B Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Debat Pada Mata Pelajaran IPS di PKBM Miftahul Jannah. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1) COVER.pdf

Download (121kB)
[img] Text
3) LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4) LEMBAR ORISINALITAS.pdf

Download (880kB)
[img] Text
6) DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
10) BAB 1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
11) BAB 2.pdf

Download (308kB)
[img] Text
12) BAB 3.pdf

Download (388kB)
[img] Text
13) BAB 4.pdf

Download (777kB)
[img] Text
14) BAB 5.pdf

Download (89kB)
[img] Text
15) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] Text
16) LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Persepsi merupakan suatu proses kognisi yang diawali dengan adanya penerimaan stimulus oleh indera yang kemudian dikirim kepada pusat saraf untuk diinterpretasikan sehingga individu menyadari tentang informasi pada stimulus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik Paket B terhadap penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran IPS. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling, purposive sampling yang terdiri dari 35 orang. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran debat pada mata pelajaran IPS memperoleh sebesar 102,55 dan tergolong dalam kategori “baik”. Persepsi peserta didik dilihat dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari perasaan, kepribadian, prasangka, keinginan atau harapan, perhatian atau fokus, nilai dan kebutuhan, minat dan motivasi. Faktor eksternal latar belakang dan keluarga, informasi yang diperoleh, pengetahuan dan kebutuhan sekitar, intensitas, hal-hal baru. Faktor yang paling berpengaruh terhadap persepsi peserta didik adalah faktor latar belakang dan keluarga dengan skor sebesar 110,7.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Daddy Darmawan, M.Si 2) Jaenal Mutakim, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 06 Dec 2019 11:50
Last Modified: 06 Dec 2019 11:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2157

Actions (login required)

View Item View Item