RANCANG BANGUN HEAT EXCHANGER PADA SISTEM AIR CONDITIONER SPLIT DENGAN KAPASITAS PEMANAS AIR 50 LITER PADA TEMPERATUR 58oC

MUHAMMAD JAKA PRATAMA, . (2016) RANCANG BANGUN HEAT EXCHANGER PADA SISTEM AIR CONDITIONER SPLIT DENGAN KAPASITAS PEMANAS AIR 50 LITER PADA TEMPERATUR 58oC. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
COVER, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)

Abstract

Dengan menggunakan AC dan water heater secara terpisah akan memakan biaya yang tidak ekonomis. Biaya yang dikeluarkan untuk kedua alat tersebut akan lebih tinggi terutama bila dilihat dari biaya operasional sehari-hari. Oleh karena itu, tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memanfaatkan panas buang dari kondensor AC yang dibuang begitu saja ke lingkungan. Dengan mengurangi panas buang yang dikeluarkan oleh kondensor AC dapat mengurangi konsumsi listrik yang berdampak pada penghematan energi dan pengurangan efek dari pemanasan global. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan dimulai pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2015 bertempat di bengkel AC Harapan Jaya Teknik. Pada penelitian ini dilakukan pengambilan data berupa temperatur air input, temperatur air output, temperatur udara, temperatur output evaporator, dan temperatur permukaan pipa tembaga pada heat exchanger. Sedangkan dalam pengambilan data penunjangnya dilakukan pengambilan data pada tekanan refrigeran, dan arus sistem. Pengambilan data temperatur penelitian dilakukan pada 3 tekanan refrigeran yang berbeda, tekanan refrigeran 70, 75, dan 80 psi. Ketiga tekanan tersebut menunjukan pencapaian temperatur air panas yang dihasilkan (air output), serta proses pencapaian kondisi ruangan yang nyaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pemanasan air ini dipengaruhi oleh tekanan refrigeran. Dengan temperatur air panas yang dihasilkan pada tekanan tinggi refrigeran 80 psi sebesar 58oC dalam waktu penelitian selama 120 menit, sedangkan pada tekanan rendah refrigeran 70 psi temperatur air yang dihasilkan sebesar 58oC dalam waktu penelitian 165 menit.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Darwin Rio Budi Syaka ; 2). Drs. Sopiyan
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 23 Nov 2021 06:04
Last Modified: 23 Nov 2021 06:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21586

Actions (login required)

View Item View Item