ERLIN. K. TOBAMBA, . (2019) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Tengah Kota Gorontalo Tahun 2018/2019). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER HALAMAN DEPAN.pdf Download (17kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (93kB) |
|
Text
10. A. BAB I.pdf Download (162kB) |
|
Text
10. B BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
|
Text
10. C. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (437kB) | Request a copy |
|
Text
10. D. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (666kB) | Request a copy |
|
Text
10. E. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) | Request a copy |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (157kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk memperoleh gambaran tentang Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Minat Belajar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Tengah Kota Gorontalo Tahun 2018. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Kota Tengah Kota Gorontalo. Sebagai objek penelitian adalah siswa kelas V SDN 86 Kota Tengah dan SDN 78 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan eksperimen rancangan treatmen by level 2 x 2. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 86 Kota Tengah dan SDN 78 Kota Tengah Kota Gorontalo tahun pelajaran 2018/2019. teknik pengambilan sampel dilakukan teknik multi stage simple random sampling. Analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Secara keseluruhan kelompok belajar dengan media google earth memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 86 Kota Tengah dan SDN 78 Kota Tengah Kota Gorontalo, dibandingkan dengan kelompok belajar yang menggunakan media peta, (2) Terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 86 Kota Tengah dan SDN 78 Kota Tengah Kota Gorontalo, (3) Bagi kelompok siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, media google earth memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 86 Kota Tengah dan SDN 78 Kota Tengah Kota Gorontalo, dibanding dengan kelompok belajar yang menggunakan media peta, dan (4) Bagi kelompok belajar yang memiliki minat belajar rendah, media peta memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar IPS siswa di kelas V SDN 86 Kota Tengah dan SDN 78 Kota Tengah Kota Gorontalo bibanding kelompok belajar dengan menggunkan media google earth. ********** The purpose of the study was to obtain a picture of the Effect of Learning Media on Social Studies Learning Outcomes in Terms of Learning Interest in Class V Students of Primary Schools in the City of Gorontalo City in 2018. The research was carried out in the City Schools of the City of Gorontalo City. As the object of research are the fifth grade students of SDN 86 Kota Tengah and SDN 78 Kota Tengah Kota Gorontalo. The study was conducted using the experimental method. The design used was the experimental design of treatment by level 2 x 2. The sample in this study was grade V students of SDN 86 Kota Tengah and SDN 78 Kota Tengah Gorontalo City in 2018/2019. The sampling technique is a simple multi-stage random sampling technique. The analysis used includes descriptive analysis and inferential analysis. The results obtained are (1) Overall the learning group with google earth media gives a better influence on the learning outcomes of social studies students of class V SDN 86 Kota Tengah and SDN 78 Kota Tengah Gorontalo City, compared to the study groups using media maps, ( 2) There is an interaction between learning media with students' interest in learning towards social studies learning outcomes of students in class V SDN 86 Kota Tengah and SDN 78 Kota Tengah Gorontalo City, (3) For groups of students who have a high interest in learning, google earth media gives more influence both towards social studies learning outcomes of students in class V SDN 86 Kota Tengah and SDN 78 Kota Tengah Kota Gorontalo, compared to study groups using map media, and (4) for study groups who have low learning interest, map media gives a better influence on social studies learning outcomes of students in class V SDN 86 Kota Tengah and SDN 78 Kota Tengah Kota Gorontalo bibanding group be learn by using google earth media.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eko Siswono, M.Si. ; 2). Dr. Khaerudin, M.Pd. |
Subjects: | Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum) Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Rima Safitri . |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 06:18 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 06:18 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21595 |
Actions (login required)
View Item |