PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MATERI ALAM SEKITAR BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR

HADI HARDIANSYAH, . (2019) PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MATERI ALAM SEKITAR BERBASIS MOBILE LEARNING UNTUK KELAS II SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover Awal.pdf

Download (107kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (91kB)
[img] Text
11. Bab I - V (Tesis).pdf

Download (762kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)

Abstract

Pendidikan dan teknologi harus berjalan bersama di abad milenium ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis mobile learning untuk pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model Dick and Carey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan tes. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar berbasis mobile learning. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan post-test, menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara tahap pre-test dan post-test. Hasil uji-t menunjukkan bahwa t hitung = 12.10 dan t tabel = 1.99 pada tingkat signifikansi α = 0,05 / 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang dialami oleh siswa, setelah berpartisipasi dalam pembelajaran tematik dengan bahan ajar berbasis mobile learning. ******* Education and technology have to go together in this century. This study aims to develop mobile learning-based teaching materials for thematic learning in elementary schools. This study uses research and development methods with the Dick and Carey model. The instruments used in this study were interviews, questionnaires, and tests. The results of this study are teaching materials based on mobile learning. Based on the results of the pre-test and posttest analysis, it shows that there are differences in learning outcomes between the pre-test and post-test stages. The results of the t-test show that t count = 12.10 and t table = 1.99 at the significance level α = 0.05 / 95%. Thus it can be concluded that there is an increase in learning outcomes experienced by students, after participating in thematic learning with teaching materials based on mobile learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr.Ir. Rusmono, M.Pd. ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:06
Last Modified: 25 Nov 2021 06:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21608

Actions (login required)

View Item View Item