KESALAHAN SISWA DALAM BERPIDATO BAHASA INGGRIS (Penelitian Analisis isi Kelas VIII di Pondok Pesantren Usuluddin Lampung Selatan)

Neni Desi Fajarwati, . (2016) KESALAHAN SISWA DALAM BERPIDATO BAHASA INGGRIS (Penelitian Analisis isi Kelas VIII di Pondok Pesantren Usuluddin Lampung Selatan). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover TESIS.pdf

Download (295kB)
[img] Text
ISI TESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN YUDISIUM, BUKTI PERBAIKAN DAN LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (677kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang terdapat dalam pidato bahasa Inggris siswa.Fokus penelitian adalah jenis kesalahan, penyebab kesalahan dan dampak kesalahan terhadap pidato bahasa Inggris.Penelitian ini dilakukan di kelas VIII di Pondok Pesantren Usuluddin Lampung Selatan.Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode analisis isi.Data penelitian dari 15 rekaman pidato bahasa Inggris siswa. Peneliti menggunakan the surface structure taxonomy untuk menganalisis kesalahan fonologi, dan the surface structure taxonomy dan linguistic category classification digunakan untuk menganalisis kesalahan morfologi dan sintaksis.Hasil analisis data menunjukan (1) jenis kesalahan fonologi berdasarkan the surface structure taxonomy terdapat kesalahan penggantian sebanyak 156, kesalahan penghilangan sebanyak 136, dan kesalahan penambahan sebanyak 57.Kesalahan fonologi terbanyak terjadi pada kesalahan penggantian vokal sebanyak 102.Jumlah seluruh kesalahan morfologi dan sintaksis sebanyak 169, dan kesalahan terbanyak terdapat pada pilihan kata yaitu 50 kesalahan. Kesalahan morfologi dan sintaksis berdasarkan the surface structure taxonomy kesalahan yang ditemukan adalah 83 kesalahan salah bentuk, 46 salah susun, 33 kesalahan penghilangan dan 7 kesalahan penambahan (2) Penyebab kesalahan fonologi, morfologi dan sintaksis adalah intralingual. Intralingual adalah kesalahan yang dilakukan oleh pembelajar saat mempelajari bahasa target (L2). (3) Dampak kesalahan pidato siswa dibagi dua; 1) kesalahan fonologi berdampak global. Dampak global adalah kesalahan ucapan sehingga sulit untuk dipahami. 2) Kesalahan morfologi dan sintaksis berdampak lokal. Dampak lokal adalah kesalahan yang tidak berpengaruh terhadap pesan pidato.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd ; 2). Dr. Darmahusni, MA
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 29 Nov 2021 04:17
Last Modified: 29 Nov 2021 04:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21618

Actions (login required)

View Item View Item