RANCANG BANGUN ANTENA MIKROSTRIP SEGIEMPAT LINIER ARRAY DENGAN TEKNIK PENCATUAN PROXIMITY COUPLING PADA FREKUENSI 1,575 GHZ UNTUK APLIKASI GPS SISTEM QUASI ZENITH SATELITTE

NOVI WAHYUNI, . (2016) RANCANG BANGUN ANTENA MIKROSTRIP SEGIEMPAT LINIER ARRAY DENGAN TEKNIK PENCATUAN PROXIMITY COUPLING PADA FREKUENSI 1,575 GHZ UNTUK APLIKASI GPS SISTEM QUASI ZENITH SATELITTE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain, membuat, dan mengukur parameter antena mikrostrip segiempat linier array dengan teknik pencatuan proximity coupling parameter yang diujikan yaitu frekuensi tengah 1,575 GHz, bandwidth minimal 10 MHz, Gain minimal 4 dB, axial ratio maksimal 2, polarisasi melingkar, return loss minimal 10 dB dan VSWR maksimal 2 sehingga sesuai dengan antena GPS untuk Quasi Zenith Satelitte. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta pada bulan September 2015 – Desember 2015. Antena ini dirancang pada frekuensi tengah 1,575 GHz dibuat menggunakan substrat Epoxy FR-4 dengan r = 4,3 dan h = 1,6 mm. Dari frekuensi kerja antena maka didapatkan dimensi antena dengan lebar elemen peradiasi 53,28 mm dan panjang elemen peradiasi 42,28 mm. Penelitian ini menggunakan teknik linier array saluran T-Junction untuk menghasilkan gain yang besar, teknik slot untuk menghasilkan polarisasi melingkar dan teknik pencatuan proximity coupling untuk membuat nilai return loss dan VSWR sesuai dengan parameter yang diinginkan. Desain antena menggunakan perangkat lunak CST microwave studio 2014 dan pengukuran dilakukan menggunakan perangkat keras spectrum analyzer. Dari hasil penelitian Antena Mikrostrip Segiempat Linier Array dengan teknik pencatuan Proximity Coupling untuk Aplikasi pada Frekuensi 1,575 GHz telah berhasil dibuat dan diuji secara simulasi dan pengukuran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa antena mikrostrip ini berhasil didesain pada perangkat lunak CST Microwave Studio 2014, difabrikasi, dan diuji menggunakan alat ukur Spectrum Analyzer dengan hasil parameter frekuensi kerja sebesar 1,560 GHz, bandwidth sebesar 30 MHz, gain sebesar 7 dB, axial ratio 0.93 dB, polarisasi melingkar (RHCP), return loss 30,77 dB dan VSWR 1.04.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Efri Sandy, S.Pd., MT ; 2). Drs. Mufti Ma’sum, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 29 Nov 2021 05:16
Last Modified: 29 Nov 2021 05:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21622

Actions (login required)

View Item View Item