PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL KOMPETENSI RIAS WAJAH GERIATRI BAGI SISWA KELAS XI KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 3 PURWOREJO

PRAMESTI ADIKA RATRI, . (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL KOMPETENSI RIAS WAJAH GERIATRI BAGI SISWA KELAS XI KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 3 PURWOREJO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi PRAMESTI ADIKA RATRI_5535112032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil kompetensi siswa dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran produktif rias wajah geriatri di kelas XI Kecantikan Kulit SMK Negeri 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakah Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Kecantikan Kulit SMK Negeri 3 Purworejo, yang terdiri dari 20 siswa. Tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus, yang dilaksanakan pada bulan November 2015 di kelas teori dan kelas praktik kecantikan kulit. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan tes pemahaman materi dan tes ketrampilan siswa dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes teori, tes praktik, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kompetensi rias wajah geriatri siswa kelas XI Kecantikan Kulit. KompetensiMencakup hasil tes pemahaman materi dan hasil tes ketrampilan rias wajah geriatri dengan perolehan pada siklus 1 dengan rata�rata pemahaman materi siswa 80,66 dari sebelumnya 68,33 dan nilai rata-rata keterampilan rias wajah geriatri 80,45 dari sebelumnya 76,97. Pada siklus II hasil kompetensi rias wajah geritatri lebih meningkat setelah dioptimalkannya model pembelajaran Problem Based Learning, nilai rata-rata pemahaman materi 81,20 dan nilai keterampilan rias wajah geriatri 83,27. Kemudian pada siklus III nilai rata-rata pemahaman materi siswa 85,83 dan nilai rata-rata keterampilan rias wajah geriatri85,82. Dari peningkatan di setiap siklus dapat disimpulkan ketuntasan belajar siswa pada siklus III ini sudah mencapai 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lilies Yulastri, M.Pd ; 2). Dr. Dwi Atmanto, M.Si
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 29 Nov 2021 09:25
Last Modified: 29 Nov 2021 09:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21640

Actions (login required)

View Item View Item