Evaluasi Sistem Pompa Pemadam Kebakaran Berdasarkan Standar Peraturan Evaluasi Kinerja Pompa Pemadam Kebakaran Pada Gedung Bertingkat Berdasarkan Standar Peraturan SNII 03-6570-2001 dan NFPA 20 (Study Kasus di Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta)

RIWI PADHIYAS HANDAYANI SARTONO, . (2016) Evaluasi Sistem Pompa Pemadam Kebakaran Berdasarkan Standar Peraturan Evaluasi Kinerja Pompa Pemadam Kebakaran Pada Gedung Bertingkat Berdasarkan Standar Peraturan SNII 03-6570-2001 dan NFPA 20 (Study Kasus di Gedung Dewi Sartika Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN-Riwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)

Abstract

Dewasa ini tingkat kebakaran yang terjadi di Indonesia kerap kali terjadi, untuk itu dalam penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pompa, terutama pada pompa pemadam kebakaran yang diterapkan dalam gedung untuk mengetahui tingkat keselamatan gedung berdasarkan sistem pompa pemadam kebakaran yang terpasang tetap agar dapat dikatakan laik fungsi. Dalam penelitian ini, menggunakan metode kajian pustaka yaitu, penulis mengumpulkan data dengan membaca dan mempelajari dasar – dasar teori serta peraturan dan metode kualitatif yaitu, melakukan penelitian tentang riset yang bersifat deskripsi dan cenderung menggunakan analisis berdasarkan perhitungan manual. Setelah menghitung friction loss yang terjadi dalam jalur perpipaan, ternyata tekanan yang dibuthkan sebesar 81% dari tekanan pompa yang terpasang sebesar 200 meter. Sehingga untuk dapat mengalirkan tekanan sejauh 162 meter maka dibutuhkan kekuatan dari motor pengerak sebesar 114 kW. Hal ini dapat menjelaskan bahwa gedung ini dalam penerapan sistem pompa sudah baik dan telah mencukupi standar kebutuhan gedung, sehingga dapat dikatakan tingkat keselamatan gedung Dewi Sartika telah mencapai 80% berdasarkan hasil evaluasi kinerja pompa yang diterapkan. Namun tetap perlunya melakukan penyesuaian terkait respon time, saat memungkinkan terjadinya kebakaran pada gedung diperlukan sistem yang diterapkan dalam keadaan siap siaga, agar gedung tersebut dapat dikatakan laik fungsi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 30 Nov 2021 08:34
Last Modified: 30 Nov 2021 08:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21672

Actions (login required)

View Item View Item