PENINGKATAN HASIL BELAJAR PANGKAS RAMBUT MENGGUNAKAN METODE EDUTAINMENT MELALUI PENUGASAN PEMBUATAN VIDEO PADA MAHASISWA TATA RIAS UNJ ANGKATAN 2014

RIZKI AMANDA, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PANGKAS RAMBUT MENGGUNAKAN METODE EDUTAINMENT MELALUI PENUGASAN PEMBUATAN VIDEO PADA MAHASISWA TATA RIAS UNJ ANGKATAN 2014. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RIZKI AMANDA RIAS NON REG 2010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pangkas rambut dengan Metode Edutainment Melalui Penugasan Pembuatan Video pada Mahasiswa Tata Rias UNJ Angkatan 2014 . Tempat penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di Universitas Negeri Jakarta pada Mahasiswan Pendidikan Tata Rias UNJ Angkatan 2014 dengan jumlah siswa 20 orang. Yang dikerjakan pada masing masing siklus menggunakan metode Edutainment melalui penugasan pembuatan video dan diberi waktu sekitar kurang lebih 60 menit. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, pengamatan (observasi), dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Metode Edutainment melalui Penugasan Pembuatan Video pada mata kuliah Pangkas Rambut dasar dapat meningkatkan hasil belajar Mahasiswa Tata Rias UNJ Angkatan 2014. Perolehan nilai rata-rata kelas meningkat dari pretest sampai dengan post test siklus II, yaitu yang mencapai nilai standar rata-rata /nilai KKM praktik pada pretest ada 20 Mahasiswa, pada post test siklus I yang mencapai nilai KKM ada 16 mahasiswa , dan pada post test siklus II meningkat semua siswa sudah mencapai nilai KKM. Tes praktik pada pretest ke siklus I terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar mahasiswa 2,77 poin dari 77,43 menjadi 80,20 dan pada post test siklus I ke post test siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar mahasiswa 1,32 poin dari 80,20 menjadi 81,52.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lilies Yulastri, M.Pd, ; 2). Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 30 Nov 2021 09:10
Last Modified: 30 Nov 2021 09:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21675

Actions (login required)

View Item View Item