Nur Adibatul Lutfiyyah, . (2016) “Kesalahan dalam Penggunaan Frasa Idhofah,Frasa Washfi beserta I’robnya pada Keterampilan Menulis (Analisis Kesalahan pada Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta).”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Adibatul Lutfiyyah 1.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai bentuk kesalahan، jenis kesalahan dan persentasenya serta faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan penggunaan frasa idhofah dan frasa washfi beserta I’robnya pada keterampilan menulis. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni di Universitas Negeri Jakarta sejak bulan November 2015 hingga Januari 2016. Data penelitian ini berupa hasil keterampilan menulis dengan menggunakan frasa idhofah dan frasa washfi dengan sumber data mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab sebanyak 30 orang, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi dan dengan prosedur penelitian sebagai berikut : 1) mengumpulkan kesalahan yang terdapat pada lembar jawaban mahasiswa 2) mendiagnosa bentuk-bentuk kesalahan، 3) mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk kesalahan berdasarkan jenis-jenis kesalahan،yaitu : kesalahan jarang ,merata ,dan umum 4) menjelaskan bentuk-bentuk kesalahan dan 5) menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan. Berdasarkan analisis kesalahan berbahasa penggunaan frasa idhofah dan frasa washfi dalam keterampilan menulis, hasil yang diperoleh adalah terdapat kesalahan merata pada frasa idhofah dan frasa washfi. Adapun sebab kesalahannya, antara lain: (1) ketidaktahuan batasan kaidah sebanyak 5 kasus, (2) penerapan kaidah yang kurang sebanyak 20 kasus, dan (3) sebab-sebab lain sebanyak 5 kasus. Implikasi penelitian ini ialah dalam pengajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis dan nahwu. Dengan melakukan analisis kesalahan guru dapat mengetahui kesalahan jarang,، merata dan umum yang dilakukan oleh siswa dalam penggunaan frasa idhofah dan frasa washfi pada keterampilan menulis. Maka dari itu، para guru diharapkan untuk memperhatikan kesalahan jarang, merata dan umum yang dilakukan oleh siswa kemudian menjelaskannya hingga mereka memahaminya dengan baik, dan diharapkan pula untuk menggunakan media yang sesuai dan metode serta teknik yang bagus dalam pengajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Romdani M.Pd. ; 2). Syamsi Setiadi M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 06 Dec 2019 15:19 |
Last Modified: | 06 Dec 2019 15:19 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/2170 |
Actions (login required)
View Item |