ANALISIS KINERJA ALGORITMA ISMC (IMPROVED SPLIT AND MERGE CLASSIFICATION) DENGAN CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN WARNA DOMINAN PADA CITRA

SITI HAJAR RISKA ARIYANTI, . (2015) ANALISIS KINERJA ALGORITMA ISMC (IMPROVED SPLIT AND MERGE CLASSIFICATION) DENGAN CLUSTERING UNTUK MENENTUKAN WARNA DOMINAN PADA CITRA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi - Siti Hajar Riska A - Analisis Algoritma ISMC.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Warna dominan dapat digunakan untuk menunjukkan sebuah identitas atau karakteristik sebuah objek pada citra. Namun, karena adanya perbedaan persepsi terhadap warna, diperlukannya sebuah cara untuk menentukan warna dominan yang pasti secara matematis. Pada penelitian ini, clustering digunakan dalam pengelompokan data berupa piksel-piksel warna pada citra untuk menghasilkan warna dominan. Hasil warna dominan pada citra adalah sebuah cluster dengan anggota piksel warna homogen terbanyak. Algoritma yang dapat digunakan untuk clustering pada citra adalah algoritma ISMC dengan metode split dan merge. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis kinerja algoritma ISMC dengan clustering untuk menentukan warna dominan pada citra dengan metode penelitian eksperimen. Analisis kinerja algoritma didapat dari hasil akurasi keberhasilan dan tingkat kesalahan algoritma ISMC, dengan mencocokkan hasil warna dominan dari program clustering algoritma ISMC, dan hasil warna dominan dari program pembanding dengan proses perhitungan jumlah piksel setiap warna. Dari hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa persentase keberhasilan algoritma ISMC dengan clustering untuk menentukan warna dominan pada citra sebesar 80%. Adanya tingkat kesalahan sebesar 20%, menunjukkan bahwa penggunaan clustering dengan implementasi algoritma ISMC tidak dapat dijadikan acuan utama untuk menentukan warna dominan pada citra. Algoritma ISMC dapat dijadikan bahan penelitian selanjutnya agar proses clustering dengan metode split dan merge dapat dikembangkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Widodo, M.Kom ; 2). Bambang Prasetya Adhi, M.Kom
Subjects: Sains > Matematika > Software, Sistem Informasi Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 07 Dec 2021 07:46
Last Modified: 07 Dec 2021 07:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21729

Actions (login required)

View Item View Item