PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK (STUDI EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS X TAV SMKN 5 JAKARTA)

TRI HANDOKO, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK LISTRIK (STUDI EKSPERIMEN PADA PESERTA DIDIK KELAS X TAV SMKN 5 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar teknik listrik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (654kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik dan perbedaan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Teknik Listrik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan model pembelajaran langsung di SMK Negeri 5 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan desain penelitian yang digunakan yaitu “post-test only control group design”. Populasi dalam peneitian ini adalah seluruh peserta didik jurusan Teknik Audio Video (TAV). Sampel diambil sebanyak 2 kelas dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Kelas X TAV 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X TAV 2 sebagai kelas eksperimen. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran inkuiri dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik dengan rata-rata hasil belajar sebesar 75,86 (eksperimen) dan 64,8 (kontrol); (2) Ada perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan menggunakan pembelajaran langsung dengan thitung sebesar 3,86. Dengan nilai ttabel 2,002 pada taraf signifikan α = 5%. Dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung > ttabel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Rusmono, M.Pd ; 2). Drs. Mufti Ma’sum, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Dec 2021 04:01
Last Modified: 08 Dec 2021 04:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21740

Actions (login required)

View Item View Item