TRISMIATIN PUTRI EKO PERTIWI, . (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1.i. Judul tesis.pdf Download (26kB) |
|
Text
2.ii. abstrak.pdf Download (91kB) |
|
Text
3.iv. Lembar Persetujuan Yudisium dan Revisi.pdf Download (162kB) |
|
Text
4.vi. Lembar Pernyataan.pdf Download (153kB) |
|
Text
5.vii. Kata Pengantar.pdf Download (168kB) |
|
Text
6. ix. Daftar Isi.pdf Download (109kB) |
|
Text
8.1. BAB I.pdf Download (34kB) |
|
Text
9.10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
|
Text
10.49. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text
11.63. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) |
|
Text
12.89. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (11kB) |
|
Text
13.92. Daftar Pustaka.pdf Download (99kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematic Education (RME). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Pengembangan dengan model dari Dick and Carey yang meliputi sepuluh tahapan: Analisis kebutuhan dan tujuan pembelajaran, melakukan analisis pembelajaran, menganalisa pembelajar dan lingkungan, merumuskan tujuan unjuk kerja, mengembangkan intrumen atau alat tes, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi formatif, melakukan revisi pembelajaran serta merancang dan melaksanakan evaluasi sumatif. Penelitian ini dilakukan di SDN Kedaung Kaliangke 06 Jakarta Barat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan bahan ajar matematika berbasis RME ini. Hal ini dapat terlihat pada nilai rata-rata pretest sebesar 50,56 dan nilai rata�rata posttest sebesar 83,60 dimana terdapat kenaikan 33,05. Keberhasilan penggunaan bahan ajar matematika berbasis RME juga di dukung oleh peran serta aktif dari siswa, kreatifitas guru, dan mengaitkan kegiatan sehari-hari sehingga dapat dijadikan media pembelajaran matematika khususnya pokok bahasan KPK dan FPB
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Yurniwati, M.Pd ; 2). Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | PASCASARJANA > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 10553 not found. |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 04:50 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 04:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21744 |
Actions (login required)
View Item |