HUBUNGAN KETERAMPILAN MENARI BALET DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (Studi Kasus Sanggar Namarina Pusat, Jakarta Selatan)

YANTI MARGARETTA, . (2016) HUBUNGAN KETERAMPILAN MENARI BALET DENGAN PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI (Studi Kasus Sanggar Namarina Pusat, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI YANTI MARGARETTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan menari dengan pembentukan karakter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 5-8 tahun di sanggar Namarina Jakarta Selatan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak sederhana dengan jumlah sampel 60 anak. Aspek keterampilan menari dilihat berdasarkan wiraga, wirama, dan wirasa. Sedangkan aspek pembentukan karakter dilihat berdasarkan kepercayaan, menghormati oranglain, tanggung jawab, mandiri, serta cinta dan perhatian. Hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan antara keterampilan menari balet dengan pembentukan karakter. Peran lingkungan sangat berarti untuk pembentukan karakter anak, karena lingkungan merupakan sebuah proses awal sosialisasi anak, agar dalam kehidupan sehari-hari pada nantinya anak akan berhubungan dengan dunia luar untuk proses sosialisasi baik dengan orangtua maupun teman sebaya

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lilies Yulastri, M.Pd ; 2). Mulyati, M.Si
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Hartati .
Date Deposited: 08 Dec 2021 07:17
Last Modified: 08 Dec 2021 07:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21756

Actions (login required)

View Item View Item