ANALISIS HASIL BELAJAR PENYELESAIAN TEPI DENGAN LAPISAN KAIN SERONG MENGGUNAKAN MEDIA AJAR VIDEO TUTORIAL

YENNI TRI BINTARI, . (2016) ANALISIS HASIL BELAJAR PENYELESAIAN TEPI DENGAN LAPISAN KAIN SERONG MENGGUNAKAN MEDIA AJAR VIDEO TUTORIAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Analisis hasil belajar penyelesaian tepi dengan lapisan kain serong menggunakan video tutorial.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Analisis Hasil Belajar Penyelesaian Tepi Dengan Lapisan Kain Serong Menggunakan Media Ajar Video Tutorial, penelitian ini dilakukan Universitas Negeri Jakarta, program study Tata Busana, semester ganjil 2014/2015. Metode yang digunakan adalah pre eksperimen desain. Instrumen penelitian berupa lembar observasi (pengamatan) yang berisi 10 aspek penilaian dengan rentang nilai 30 untuk skor tertinggi dan 10 untuk skor terendah. Instrumen tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dimana aspek penilaian terdiri dari 4 indikator yakni, persiapan alat dan bahan, waktu pengerjaan, pelaksanaan pembuatan penyelesaian tepi dengan lapisan kain serong, dan hasil. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kuantitatif, yaitu analisis digambarkan dengan menggunakan angka-angka, table, diagram dan kata-kata sehingga diperoleh gambaran tentang hasil belajar penyelesaian tepi dengan lapisan kain serong. Hasil penelitian, menunjukan bahwa penggunaan media video tutorial memiliki dampak positif dimana dengan adanya media video tutorial dapat mengurangi kegagalan dalam berkomunikasi antara tenaga pendidik ke peserta didik. Penelitian ini dilakukan selama 2 kali pertemuan, pada pertemuan pertama materi yang di berikan adalah serip sedangkan pada hari ke dua materi yang di berikan adalah depun. Untuk menerapkan pembelajaran menggunakan media video tutorial, kedua materi penyelesaian tepi dengan lapisan kain serong memiliki tingkat kesulitan pada bagian sudut yang terdapat pada garis leher V dan garis leher Persegi. Pada pertemuan pertama peneliti memberi materi penyelesaian tepi (serip) dengan lapisan kain serong, nilai rata-rata yang di dapat adalah 82,16 dan untuk pertemuan kedua dengan materi penyelesaian tepi (depun) dengan lapisan kain serong yang di dapat adalah 85,9. Nilai rata-rata yang di dapatkan berasal dari 10 aspek penilaian yang terdiri dari 4 indikator.Ditinjau dari nilai rata-rata yang di dapatkan maka, media ajar video tutorial mampu membantu seorang tenaga pendidik dalam menjembatani informasi yang di sampaikan untuk peserta didik

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Harsuyanti RL.M.Hum ; 2). Esty Nurbaity, M.KM
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 08 Dec 2021 07:23
Last Modified: 08 Dec 2021 07:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/21757

Actions (login required)

View Item View Item